Wajib Tahu, 5 Fakta Hormon Progesteron dan Estrogen Pada Wanita

  • 2 min read
  • Jul 25, 2021

Jabanjia.com – Jialovers mungkin tidak asing dengan hormon progesteron. Realitanya, Progesteron termasuk satu diantara hormon yang penting untuk wanita, karena hormon ini memiliki peran yang signifikan dalam masa kehamilan dan persalinan. Selain dua fungsi di atas, progesteron memiliki lima fakta yang menarik untuk diulas. Beberapa fakta hormon progesteron adalah:

1. Progesteron adalah Penyeimbang Estrogen

Estrogen memiliki sifat membesarkan, sedangkan progesteron memiliki sifat berlawanan . Jadi, bila estrogen menyebabkan retensi cairan, progesteron membantu tubuh keluarkan cairan berlebih. Hormon progesteron dan estrogen mempersiapkan tubuh dalam hadapi masa pembuahan, kehamilan, dan membantu atur siklus haidnya. Saat produksi hormone progesteron tidak sanggup menyeimbangi produksi hormon estrogen di periode premenopuase, seorang wanita akan alami insomnia dan kecemasan.

2. Memiliki Peran yang Penting pada Masa Kehamilan

Jialovers, fungsi umum hormon progesteron adalah berperanan dalam siklus menstruasi, proses kehamilan, dan tumbuh kembang calon janin sampai waktu kelahirannya tiba nanti. Beberapa peran hormon progesteron dalam masa kehamilan adalah mempersiapkan lapisan kandungan untuk sel telur yang sudah dibuahi, Memberikan dukungan terjadinya kehamilan dan menekan produksi estrogen setelah ovulasi.

3. Berperanan Penting Dalam Perkembangan Janin

Dalam prosesnya, progesteron akan selalu menstimulus tubuh untuk menyiapkan pembuluh darah di endometrium untuk memberikan makan janin yang tumbuh. Hormon progesteron ikut membantu dalam mempersiapkan batasan rahim lebih jauh hingga bisa menerima sel telur yang sudah dibuahi.

Setelah plasenta berkembang, produksi progesteron akan meningkat untuk memberikan dukungan korpus luteum. Ini menyebabkan kadarnya tetap tinggi selama kehamilan, hingga badan tidak kembali memproduksi lebih banyak sel telur.

4. Memproduksi Air Susu Ibu (ASI)

Hormon progesteron bisa membuat proses aliran susu dan jaringan pembuat ASI bertumbuh dan berkembang di saat masa kehamilan . Maka, Saat umur kehamilan capai waktu selama 16 minggu, badan mulai menghasilkan ASI pertama kali yang disebut kolostrum yang berupa cairan bening atau putih dalam jumlah sedikit.

5. Mengatur Siklus Menstruasi

Hormon progesteron mungkin tidak asing dalam telinga Jialovers, khususnya untuk para wanita. Hormon progesteron adalah jenis hormon steroid yang berperanan penting dalam sistem reproduksi. Hormon progesteron adalah hormon yang dibuat oleh ovarium dan kelenjar adrenal. Selain berperan sebagai hormon yang menjaga kehamilan dan perkembangan embrio, progesteron berperan untuk atur siklus menstruasi dengan mengontrol pertumbuhan jaringan dinding rahim (endometrium).