Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Kulit Wajah Sensitif

  • 2 min read
  • Jul 12, 2021

Jabanjia.com – Jangan asal-asalan membeli, yuk pikirkan baik-baik. Sekarang ini, skincare termasuk dalam kebutuhan primer untuk para wanita. Pemakaian yang makin masif pun membuat banyak brand kecantikan merilis beberapa produk yang diperlukan masyarakat.

Makin banyak pilihan dan variasi yang disediakan memang bagus, tetapi hal tersebut membuat kita harus semakin selektif. Bila asal-asalan pilih skincare, kulit bisa alami masalah kulit.

Apa lagi bila kamu mempunyai jenis kulit sensitif, jadi pemilihan skincare juga harus ekstra hati-hati. Kesalahan saat menentukan skincare bisa membuat kulit sensitif jadi meradang, gatal, bahkan sampai terkelupas.

Menurut dr Yessica Tania, seorang dokter kecantikan, kulit sensitif sebetulnya tidak perlu memakai produk skincare dengan kandungan berbagai macam. Menurut dia, ada 3 hal utama yang paling perlu diperhitungkan dalam pemilihan skincare untuk kulit sensitif. Berikut penjelasannya.

1. Gentle cleanser

Cleanser atau pembersih muka sebagai skincare paling mendasar yang perlu digunakan tiap orang. Karena sebagai skincare dasar dan penting untuk dipakai, maka pemilik kulit sensitif harus benar-benar selektif dalam memilihnya.

Sebisa mungkin tentukan gentle cleanser yang mempunyai pH antara 5-6. Tidak hanya itu, pilih yang tidak memiliki kandungan parfum, tidak memiliki kandungan pewarna, tidak membuat wajah ketarik, dan tidak memiliki kandungan banyak detergen.

2. Gentle moisturizer

Moisturizer adalah basic skincare yang dapat memberi kelembapan di kulit. Umumnya, moisturizer memiliki kandungan bahan yang mirip penyusun kulit.

Untuk kamu pemilik kulit sensitif, seharusnya pilih moisturizer yang mempunyai tekstur berbentuk gel, lotion, atau cream. Pilih gentle moisturizer yang memiliki kandungan antiinflamasi.

3. Sunscreen

Bagi kita yang hidup di daerah tropis, sunscreen adalah basic skincare yang harus digunakan. Selain membuat perlindungan kulit dari paparan sinar UV, sunscreen diformulasikan untuk mengamankan serangkaian skincare yang telah kita gunakan agar bisa bekerja maksimal.

Untuk kulit sensitif, seharusnya pilih sunscreen dengan SPF 30 yang bertekstur ringan seperti lotion. Pertimbangkan kandungan mineral sunscreen seperti titanium dan zinc oxide, agar tidak membuat iritasi, tidak memunculkan komedo, tanpa pewarna dan parfum, serta mudah dibersihkan.

Nah, itu dia panduan mendasar yang dapat kamu pertimbangkan saat menentukan skincare yang cocok untuk kulit sensitif. Sebisa mungkin, selalu perhatikan ingredients yang tercantum atau bisa juga dengan cari ulasan terkait produk itu.

Jika ragu-ragu, kamu bisa konsultasi dengan dokter kecantikan supaya tidak salah pilih produk. Mudah-mudahan bermanfaat ya!