Ternyata Buah Sawo Bermanfaat Lho Buat Ibu Hamil

  • 2 min read
  • Jul 06, 2021

Jabanjia.com – Selain memiliki rasanya yang manis dan enak, buah sawo memiliki kandungan berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh. Sebab itu, buah sawo juga berguna bila dikonsumsi oleh ibu hamil.
Kira-kira apa manfaat buah sawo untuk ibu hamil? Baca informasinya berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat hamil, biasanya daya tahan badan ibu hamil akan turun. Hal inilah yang sering membuat ibu hamil mudah jatuh sakit. Agar tidak mudah terserang penyakit, pasti ibu hamil perlu menjaga kesehatannya dengan baik, satu diantaranya dengan konsumsi berbagai makanan sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah sawo memiliki kandungan banyak nutrisi penting yang bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya kandungan vitamin C yang ada didalamnya.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Di masa kehamilan, ibu hamil sering alami masalah gangguan pencernaan seperti sembelit. Masalah itu rupanya juga bisa diatasi dengan konsumsi buah sawo.

Hal ini tidak lain karena buah sawo kaya kandungan serat, sehingga bisa membantu menangani permasalahan gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

3. Mencegah Anemia

Ibu hamil termasuk paling rentan mengalami anemia. Hal tersebut karena seiring bertambahnya umur kehamilan, kebutuhan akan zat besi begitu meningkat. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan zat besi dengan baik untuk tubuhnya.

Sementara itu, nyatanya buah sawo mempunyai kandungan zat besi yang tinggi didalamnya. Ini tentu saja benar-benar bermanfaat dalam memberikan asupan zat besi untuk tubuh, hingga bisa mencegah anemia.

4. Meningkatkan Energi

Perubahan pada tubuh yang terjadi saat hamil umumnya juga ikut membuat ibu hamil menjadi mudah merasa capek. Hal ini bisa terjadi karena meningkatnya hormon progesteron dan perkembangan janin dalam kandungan.

Untuk meningkatkan energi ketika hamil, ibu hamil bisa konsumsi buah sawo. Pasalnya , buah tersebut kaya akan glukosa yang bisa memberikan energi instant untuk tubuh.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Selain beberapa manfaat di atas, buah sawo juga bermanfaat dalam mengatur tekanan darah di masa kehamilan. Ini karena buah sawo memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Dengan demikian, hal ini juga ikut mengurangi risiko terjadinya preeklamsia pada ibu hamil.

Nah, itu beberapa manfaat buah sawo untuk ibu hamil. Tetapi selain itu, ibu hamil juga tidak bisa sampai mengkonsumsinya terlalu berlebih. Ini karena buah sawo memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Sebab itu, makanlah secara bijak.