Terlalu Overthinking, Ini Lho Dampak Buruk yang Harus Kamu Tahu

  • 2 min read
  • Jul 27, 2021

Jabanjia.com – Bukanlah hal yang asing lagi saat ini ketika kita dengar kata overthinking. Overthinking sendiri memiliki arti memikirkan suatu hal secara berlebihan.

Semua orang tentu pernah merasakannya dan kadang sangat mengganggu. Tahukah kamu bila overthinking ternyata dapat memberikan dampak negatif? Yuk, cari info apa saja dampak negatif overthinking di sini ya, Jialovers!

1. Kualitas Tidur yang Semakin Berkurang dan Buruk

Manusia membutuhkan tidur untuk istirahatkan otak dan badan. Saat kamu sedang overthinking, pikiran kuatir akan mengambil alih tubuhmu dari waktu istirahatnya, membuat kamu lebih waspada dan terbangun.

Hal ini membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Bila kualitas tidur kamu buruk, maka keesokan harinya kamu tidak memiliki energi yang cukup yang bisa menyebabkan kecapekan.

2. Memiliki pengaruh Pada Keseimbangan Kimiawi di Dalam Tubuh

Tiada henti fokus dan membentuk pikiran-pikiran negatif membuat otak kita kurang bisa membandingkan antara stres yang memiliki sifat dugaan dengan stres yang harus ditindaklanjuti. Kesetidakimbangan kimiawi ini bisa berpengaruh buruk pada struktur otak yang mengontrol emosi, gerakan, dan perasaan lho!

3. Lebih Rawan Terserang Gangguan Jiwa

Sebuah studi yang berjudul Journal of Abnormal Psychology menjelaskan bahwa, terlalu memikirkan kesalahan dan masalah meningkatkan resiko kamu terserang gangguan jiwa seperti anxiety (kecemasan), depression (depresi), post traumatic stress disorder (masalah stres saat trauma), dan borderline personality disorder (masalah kepribadian ambang).

4. Nafsu Makan Tidak Stabil

Kamu mungkin merasa tidak mau makan sama sekali, atau, yang biasa terjadi, kamu mungkin makan semakin banyak sebagai coping mechanism. Konsumsi makanan favorit atau comfort food bisa membantu menenangkan atau mengubah perhatian kamu dari overthinking, tetapi hal ini bukan cara yang sehat untuk mengatasi overthinking. Makan terlalu berlebih bisa berpengaruh buruk ke badan dan mempengaruhi kesehatanmu.

5. Mempengaruhi Social Skill

Saat kamu menghabiskan waktu berspekulasi negatif mengenai apa yang orang lain pikirkan tentang kamu, hal tersebut bisa membuat kamu takut dan menghindari situasi yang mewajibkan kamu untuk berbaur. Kamu mungkin akan kehilangan banyak peluang dan teman karena berasumsi tentang apa yang orang lain pikir tentang kamu.

Ada beberapa cara untuk mengatasi overthinking, seperti cari aktivitas atau hobi lain, melatih pikiran untuk berlaku bodo amat, yoga, meditasi dan ada banyak lagi. Tentu saja bila masih berlanjut, kamu bisa minta bantuan dari ahlinya.