Tahukah Kamu, Tanda-tanda Cerdas Secara Emosional

  • 2 min read
  • Aug 08, 2021

Jabanjia.com – Semakin dewasa, kamu perlu memahami jika menjadi seorang yang cerdas secara emosional sangat penting. Tanpa kecerdasan emosional, kamu akan sulit mengontrol emosi dan sulit berbaur dengan orang lain.

Kebalikannya, makin tinggi kecerdasan emosi yang kamu punyai, kamu akan makin mudah menahan diri, mengelola hubungan dengan orang lain, bahkan juga menjadi salah satu faktor keberhasilan.

Perlu kamu ketahui, tidak semua orang mempunyai kecerdasan emosional yang bagus. Untuk mengerti apakah kamu mempunyai kecerdasan emosional yang baik atau mungkin tidak, kamu bisa melihat tanda-tanda seperti berikut:

Berpikir Terbuka

Diambil dari situs Miles Lehane, salah satu tanda seseorang mempunyai kecerdasan emosional yang bagus adalah mempunyai kesadaran diri yang tinggi. Seseorang dengan kecerdasan emosional yang bagus biasanya bisa menilai diri sendiri termasuk saat sudah melakukan kekeliruan.

Orang dengan karakter semacam ini umumnya benar-benar terbuka dalam menerima kritik dan saran dari orang lain dan tidak tersinggung dengan kritik yang diterima. Mereka malah menjadikan kritikan seseorang sebagai penilaian untuk lebih baik kedepannya.

Pribadi yang tenang

Orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi dikenal sebagai individu yang tenang dalam menangani masalah. Kepada Insider, Dr. Kate Dow, PhD menjelaskan bahwa saat kamu mempunyai kecerdasan emosional, kamu bisa menyelesaikan konflik dan kekhawatiran dengan cara yang lebih tenang dan lugas.

Dengan kecerdasan emosional yang tinggi, kamu berpotensi memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus. Potensi ini benar-benar diperlukan terutama saat kamu sudah masuk dunia kerja.

Memiliki Empati

Bila kamu memiliki sifat empati yang tinggi pada seseorang, maka hal itu bisa jadi suatu tanda jika kamu mempunyai kecerdasan emosi yang tinggi. Dengan empati, memperlihatkan jika kamu berusaha membuat hubungan yang lebih dalam dan bermakna dengan orang lain.

Empati bukan hanya sebatas sanggup merasakan kesedihan atau perasaan seseorang. Empati lebih ke perlakuan untuk membantu seseorang dalam menuntaskan masalah atau mengurangi kesedihan seseorang.

Mudah Beradaptasi

Pintar beradaptasi dan membuat hubungan dengan orang lain, terlebih di lingkungan baru sebagai tanda jika kamu cerdas secara emosional. Hal itu menunjukkan bahwa kecerdasan emosional benar-benar berhubungan dengan kemampuan bersosialisasi.

Bila kamu termasuk seseorang yang tidak canggung dengan orang baru dan mudah berbicara di awal pertemuan, karena itu sudah jelas kamu cerdas secara emosional.

Minta Maaf Ketika Berbuat Salah

Bila ingin mengetahui kecerdasan emosional seseorang, coba lihatlah ketika ia melakukan kekeliruan. Jika orang itu mencari alasan dan pembenaran serta tidak ingin meminta maaf, maka bisa ditegaskan orang itu mempunyai kepandaian emosional yang rendah.

Sebaliknya, orang yang dengan kecerdasan emosional tinggi umumnya mengetahui bahwa mereka melakukan kekeliruan dan meminta maaf atas kekeliruan tersebut. Mereka menyadari bahwa meminta maaf tidak berarti merendahkan diri, tetapi bentuk kedewasaan dalam menuntaskan masalah.

Nah, itu tadi beberapa tanda bahwa seorang punya kecerdasan emosional yang tinggi. Jika kamu bukan salah satunya, maka tidak boleh berkecil hati, Jialovers.

Karena kecerdasan emosional dapat ditingkatkan dengan beberapa cara, diantaranya dengan belajar mengontrol emosi, bersikap tenang, menumbuhkan empati, dan lain-lain.