Strategi Pemasaran Produk

  • admin
  • Nov 06, 2022

Bekerja.id – Strategi pemasaran produk merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis. Strategi pemasaran produk adalah rencana detail yang berisi tentang tata cara memasarkan produk atau layanan. Adanya strategi ini memastikan sebuah produk atau layanan dapat dipasarkan secara efektif ke satu target pasar tertentu.

Namun, banyak pula pelaku bisnis yang justru lebih memilih untuk memikirkan cara memasarkan produk baru sambil berjalan. Bahkan, beberapa pelaku bisnis yang lain lebih memilih untuk mengikuti strategi pemasaran produk yang dimiliki oleh kompetitor bisnisnya.

Cara-cara tersebut tentu bisa membahayakan bisnis. Krena bisa dianggap tidak original, abal-abal, dan tidak punya kelebihan. Sebaliknya, dengan strategi pemasaran produk yang tepat, tentu akan meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Hal inilah yang kemudian akan menjadikan bisnis Anda cepat berkembang, mudah diingat, dan dipercaya oleh konsumen.

Jenis-jenis Strategi Pemasaran Produk

Dalam kegiatan pemasaran produk, terdapat beberapa jenis strategi yang dapat digunakan oleh Anda untuk meningkatkan angka jual produk bisnis Anda. Berikut ini beberapa jenis strategi pemasaran produk yang familiar di era digital seperti sekarang ini:

1. Internet Marketing

Internet marketing adalah strategi pemasaran produk yang memanfaatkan platform online. Mulai dari membuat website, blog, guest blogging, memanfaatkan Google Bisnisku, dan masih banyak platform-platform yang lainnya.

Strategi pemasaran produk jenis ini terbilang cukup efektif, karena saat ini mayoritas calon konsumen Anda sudah menggunakan internet untuk berburu barang yang mereka mau. Sehingga tidak heran apabila internet menjadi sarana pemasaran produk yang cukup potensial.

2. Sosial Media Marketing

Sosial media marketing menjadi salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran produk dengan beberapa fungsinya, yaitu:

  • Sebagai Etalase – Sosial media dapat dijadikan sebagai etalase untuk memamerkan produk bisnis Anda.
  • Sumber Informasi – Sosial media dapat digunakan sebagai sumber informasi seputar brand. Mulai dari info promo, diskon, event, sharing sessions, hingga perubahan jam kerja.
  • Mendekatkan Hubungan – Sosial media juga dapat mendekatkan hubungan pemilik bisnis dengan pelanggan.

Penggunaan akses sosial media tidak hanya digunakan untuk promosi, akan tetapi dapat juga digunakan untuk menghilangkan jarak antara pebisnis dengan pelanggan. Sehingga, apabila pelanggan memiliki keluhan, mereka tidak perlu repot lagi untuk menelpon atau datang ke kantor Anda untuk memberikan aduan.

3. Influencer Marketing

Jenis strategi pemasaran produk lain yang dapat digunakan dalam pengembagan bisnis adalah menggunakan influencer marketing. Strategi ini umumnya digunakan untuk menggaet komunitas konsumen spesifik yang potensial.

Strategi ini dikatakan cukup efekti karena bisa mendapatkan sejumlah lead sekaligus. Belum lagi ketika pengaruh influencers dibarengi kualitas produk yang ditawarkan. Hal ini tentunya akan memperbesar peluang Anda untuk menambah konversi penjualan dalam jumlah besar.

4. Direct Marketing

Direct marketing merupakan strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan berinteraksi langsung kepada calon customer. Baik bertatap muka, ataupun mengguna saluran komunikasi seperti email dan WhatsApp.

Dengan menggunakan strategi pemasaran produk jenis ini, Anda bisa dengan mudah menanyakan kebutuhan pelanggan dan menawarkan solusi sesuai kebutuhan mereka saat itu juga. Jadi selain mendapat respon customer lebih cepat, Anda pun makin mengenal mereka.

5. Affiliate Marketing

Strategi affiliate marketing atau afiliasi ini mulai berkembang di Indonesia. Strategi pemasaran produk tersebut tidak lain adalah versi modern untuk strategi promosi dari mulut ke mulut.

Selain hanya menggunakan strategi pemasaran produk melalui rekomendasi orang, program affiliate marketing juga bisa membantu Anda dalam memasarkan produk supaya lebih memberikan dampak. Mekanisme semacam ini tentunya tidak hanya menguntungkan pemilik bisnis, tetapi juga partner affiliate dan calon pelanggan yang disasar.

Itulah beberapa jenis strategi pemasaran produk yang saat ini sedang populer digunakan untuk pengembangan bisnis di era digital saat ini.