Sarana Berbisnis Efektif di Era 4.0

  • admin
  • Apr 05, 2022

Bekerja.id – Di era industry 4.0 seperti sekarang ini, tren otomatisasi semakin banyak digunakan dalam setiap aspek operasional bisnis. Salah satu inovasi dalam era industri 4.0 adalah adanya mobile apps atau aplikasi mobile.

Tren otomatisasi ini bermula dari berkembangnya sistem operasi pada perangkat mobile. Mulai dari Symbian OS pada tahun 1998, Blackberry pada tahun 2004, IOS pada tahun 2007, Android pada tahun 2009 dan Windows Phone pada tahun 2010.

Penggunaan aplikasi mobile sebagai sarana bisnis di era 4.0, dinilai sangat efektif dalam membantu menunjang dan meningkatkan kemajuan bisnis. Hal ini dapat terjadi karena aplikasi mobile ternyata memberikan dampak yang cukup besa pada tingkat konversi penjualan produk dan jasa suatu bisnis.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Frost dan Sullivan’s, penggunaan aplikasi mobile dengan fitur-fitur yang lengkap menjadi salah satu sebab terjadinya peningkatan jumlah pembelian oleh konsumen.

Berikut ini kami sampaikan lima aplikasi mobile yang dapat Anda gunakan sebagai sarana berbisnis efektif di era 4.0. Simak tulisan berikut!

Aplikasi Mobile sebagai Sarana Berbisnis Efektif di Era 4.0

Menggunakan aplikasi mobile sebagai sarana berbisnis efekti di era 4.0 untuk meningkatkan kemajuan bisnis merupakan hal yang lumrah digunakan oleh banyak pelaku bisnis. Aplikasi mobile ini biasanya digunakan untuk melakukan promosi sebuah brand atau produk dengan menyebarkan informasi secara public untuk menarik perhatian konsumen.

Berikut ini beberapa aplikasi mobile yang sering digunakan oleh pelaku bisnis sebagai sara berbisnis efektif di era 4.0:

1. Aplikasi Facebook

Facebook merupakan salah satu aplikasi mobile yang umum digunakan oleh pelaku bisnis sebagai sarana berbisnis efektif di era 4.0.

Pada awal kemunculannya di tahun 2004, facebook langsung mengambil hati jutaan orang di dunia. Facebook merupakan media sosial buatan Marc Zuckerberg yang merupakan salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Selain dapat digunakan untuk berbagi cerita, gambar, video, maupun sebagai alat komunikasi dengan banyak orang, saat ini facebook juga telah menjelma menjadi aplikasi mobile yang banyak digunakan sebagai sarana bisnis.

2. Aplikasi Instagram

Aplikasi mobile lain yang tidak kalah populer dan dapat digunakan sebagai sarana berbisnis efektif di era 4.0 adalah aplikasi Instagram. Instagram merupakan media sosial dimana para pengguna dapat berbagi gambar maupun video melalui feed, story, reels, maupun ig tv.

Selain dapat digunakan untuk berbagi cerita, Instagram juga telah banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk melakukan promosi produk. Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada, Instagram merupakan pilihan favorit bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk bisnisnya.

3. Aplikasi Youtube

Sebagaimana facebook dan instagram, youtube juga menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh pelaku bisnis sebagai sarana berbisnis efektif di era 4.0.

Jika Anda sering membuka aplikasi youtube dan menonton video secara streaming di youtube, Anda mungkin akan merasa terganggu dengan keberadaan iklan yang kerap kali muncul di tengah-tengah video. Namun, bagi pelaku bisnis dan pemilik laman youtube tersebut, adanya fitur Adsense merupakan hal yang sangat menguntungkan.

Fitur AdSense ini memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas promosi produk melalui iklan di youtube, sehingga iklan tersebut dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

4. Aplikasi Marketplace

Aplikasi mobile berikutnya yang dapat digunakan sebagai sarana promosi suatu bisnis adalah marketplace. Marketplace merupakan aplikasi yang menjadi tujuan utama bagi seseorang ketika ingin mencari suatu produk.

Adanya marketplace bagi seorang pelaku bisnis, tidak hanya sekedar menjadi tempat jualan. Lebih dari itu, marketplace juga dapat digunakan sebagai media promosi yang mampu memberikan hasil penjualan cukup signifikan.

Ada banyak platform marketplace yang bisa Anda pilih untuk mempromosikan brand atau produk Anda. Mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Hadrinya marketplace ini tentu sangat membantu pemilik usaha, khususnya bisnis kecil, yang dalam mempromosikan produk mereka hanya mengandalkan modal yang terbatas.

Itulah empat aplikasi mobile yang umum digunakan oleh pelaku bisnis untuk melakukan promosi produk dan jasa mereka.

Related Post :