Perbedaan Balayage dan Ombre, Teknik Pewarnaan Mana yang Tepat

  • 3 min read
  • Oct 22, 2021

Jabanjia.com – Saat ini trend fashion dan beauty sudah mulai berganti, selain itu sebagian orang mulai berpikir untuk mengubah penampilan agar tetap terlihat berbeda dari yang lain serta tampak lebih segar juga.

Salah satu cara cepat untuk mengubah penampilan seseorang yaitu dengan mengubah warna rambut yang banyak diminati oleh sebagian orang. Lalu apa perbedaan Balayage dan Ombre, Bagaimana teknik pewarnaan yang tepat untuk Anda. Yuk simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Ombre

Dalam bahasa Perncis, Ombre memiliki arti “bayangan”. Dalam pewarnaan rambut, ombre adalah efek warna rambut dengan kombinasi dua warna, umumnya pewarnaan rambut yang gelap ada di bagian atas sedangakan warna yang terang ada di bagian bawah. Biasanya bagian atas awambut adalah warna asli alami rambut sedangkan bagian bawah adalah rambut yang sudah diwarnai dengan warna yang lebih terang.

Gaya rambut Ombre adalah kombinasi dari berbagai warna apa saja, bisa dari warna coklat, blonde, atu merah, bahkan warna-waran yang berani seperti biru, hijau, merah muda, dan ungu.

Teknik pewarnaan Ombre ini sangat fleksibel bisa disesuaikan dengan kondisi rambut yang panjang maupun rambut yang memiliki panjang sebahu. Kelebihan Ombre adalah bisa menghemat biaya perawatan karena Anda tidak perlu melakukan touch up di bagian atas karena tetap gelap. Keseluruhan warna ombre ini bisa berubah seiring tumbunya rambut, sehingga tampilan warna Ombre ini disukai oleh penggunanya.

Berbagai Jenis Ombre

Versi Ombre yang lebi halus disebut Sombre. Teknik pewarnaan Sombre ini kontras antara kedua shade warna rambut yang terlihat lebi lembut. Versi lain dari Ombredisebut color melting.

Terdapat dua atau tiga warna dalam color melting pada setiap helai, selain itu masing-masing warna dicampur menggunakan sikat warna rambut sehingga warna akan terlihat melebur dan menyatu satu sama lain.

Apakah Ombre cocok untukmu?

Apabila Anda termasuk orang yang kreatif dan suka melakukan eksperimen dengan gaya rambut Anda, tidak ada salahnya Anda mencoba warna rambut Ombre. Pastikan rambut Anda sehat sebelum melakukan pewarnaan rambut dengan Ombre, apabila rambut Anda tidak sehat dan kusam, warna rambut Ombre akan cepat pudar.

Anda bisa melakukan perawatan rambut seperti hair spa dan hair mask untuk memperbaiki kondisi rambut Anda sebelum pergi ke tempat salon spa terdekat untuk melakukan pewarnaan rambut dengan Ombre.

Apa itu Balayage?

Balayage dalam bahasa France berarti menyapu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pewarnaan rambut Highligt Balayage dilukis dengan tangan atau disapu sepanjang permukaan rambut. Pengaplikasian warna dimulai dari akar dan secara bertahap menjadi lebi terang dibagian ujung rambut. Karena warna rambut Anda terkonsentrasi pada permukaan setiap bagian, sedangkan bagian bawahnya tetap gelap sehingga memberikan efek rambut yang alami.

Hasil perawatan rambut Balayage akan lebih halu serta memberikan efek alami pada rambut seperti sunkissed yang banyak diminati oeh para selebriti. Balayage ini bisa dilakukan pada warna rambut apa saja, misalnya saja dengan rambut blonde, rambut merah, dan rambut warna coklat.

Tidak hanya itu saja, umunya warna yang cerah bukanlah pilian pertama bagi orang yang memiliki rambut coklat alami yang sudah gelap. Sehingga Balayage ini cocok diaplikasikan pada rambut panjang serta sedang seperti halnya Ombre, Balayage yang lebih hemat karena Anda tidak harus sering melakukan touch up, karena rambut bagian atas tetap gelap.

Berbagai Tipe Balayage

Balayage adalah teknik pewarnaan rambut menggunakan tangan, tak hanya itu saja seni penata rambut ini juga berperan dalam banyak variasi dan komposisi warna yang indah untuk rambut.

Hai colorist bisa digabungkan dengan berbagai warna, contonya untuk hasil rambut yang berkilauan. Apabila rambut Anda gelap, hair stylist mungkin bisa memilih teknik foilayage.

Pewarnaan rambut menggunakan teknik foilayage ini, alih-alih membiarkan pewarnaan diproses menggunakan tangan, Hair colorist akan membungkus rambut dengan foil yang sudah diberi banyak panas yang berfungsi untik memperkuat proses pencerahan warna rambut. Balayage ini bisa dikombinasikan dengan highlight konvensional.

Apakah Balayage cocok untukmu?

Apabila Anda menyukai warna rambut yang tampak almi dan indah, Balayage bisa jadi rekomendasi perawatan rambut Anda yang paling tepat. Warna rambut Balayage ini bida membantu menghidupkan setiap gaya yang Anda miliki.

Itulah beberapa penjelasan tentang Balayage dan Ombre. Balayage dan Ombre adalah perawatan rambut yang sedang hype dan menjadi tren dikalangan perempuan, tidak heran jika teknik pewarnaan rambut ini banyak diminati, selain itu banyak kelebihan dari pewarnaan rambut ini jikan dibandingkan dengan teknik pewaranaan rambut lainnya. Perawatan rambut dengan teknik Balayage dan Ombre ini bisa Anda nikmati di Salon terdekat dari lokasi Anda.