Pentingkah Pemakaian Skincare untuk Anak?

  • 2 min read
  • May 14, 2021

Jabanjia.com – Pemakaian skincare secara rutin sangat penting untuk merawat kesehatan dan kebersihan kulit. Biasanya penggunaan skincare dilakukan ketika beranjak remaja, hal ini dikarenakan usia regenerasi kulit akan muncul ditandai dengan berbagai masalah salah satunya adalah jerawat.

Nah, jadi untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perlu skincare sejak dini? Penting dan amankah skincare untuk anak? Simak informasi lebih lengkap.

Bolehkah Anak Menggunakan Skincare?

Faktanya, kulit memiliki cara untuk melindungi secara alami atau yang disebut dengan fungsi penghalang. Fungsi penghalang kulit adalah lapisan terluar pada sel kulit bersama matriks lipid, terdiri dari ceramide dan asam lemak. Lapisan ini memiliki peran penting untuk melindungi kulit dari iritasi dan radikal bebas. Kulit bayi yang baru lahir punya fungsi sebagai penghalang yang sama dengan kulit orang dewasa.

Sementara itu, kulit bayi dan anak-anak memiliki perbedaan. Pada dasarnya, kulit bayi dan anak-anak pasti lebih sensitif dan lembut.

Selain itu, lapisan kulit pada anak 30 persen lebih tipis dari kulit orang dewasa. Sehingga, penyebab ini bisa meningkatkan risiko anak mengalami berbagai masal kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Bahkan bisa saja menimbulkan risko terjadinya kanker kulit sejak dini.

Jadi, pemakaian skincare pada bayi dan anak-anak sangatlah penting, selama skincare yang digunakan khusus untuk bayi dan ank-anak. Hal ini bisa dilakukan supaya kesehatan kulit anak akan terlindungi dan terawat dengan baik.

Tips Memilih Skincare untuk Bayi dan Anak

Ketahui Jenis Kulit

Hal penting lainya yang harus kita perhatikan adalah memilih skincare untuk bayi dan anak. Kita juga harus memperhatikan jenis kulit yang dimiliki bayi dan anak, apakah kering, lembab, atau sensitif.

Pilih Produk yang Tidak Mengandung Pewangi

Memilih produk untuk memandikan bayi dan anak, pilihlah produk yang tidak memiliki kandungan pewangi. Hal ini dikarenakan, produk yang memiliki kandungan pewangi terdapat zat kimia yang keras.

Gunakan Pelembap yang Tepat

Supaya kulit bayi dan anak tetap lembap, maka kita bisa memilih moisturizer. Seorang ahli Dermatologis, Dr. Tsippora Shainhouse telah merekomendasikan pemakaian pelembap berbentuk krim, jika dibandingkan dengan lotion, produk ini tahan lama.

Penggunaan Sunscreen Sangat Diperlukan

Hal yang perlu diperhatikan adalah paparan sinar UV yang bisa merusak lapisan kulit bayi dan anak. Apalagi anak-anak mulai bermain diluar yang bisa terkena paparan sinar UV. Sehingga pemilihan produk skincare sunscreen perlu diformulasikan khusus untuk anak.