Pengertian Smart Technology

  • admin
  • Jul 24, 2022

Bekerja.id – Technology merupakan salah satu cara untuk melakukan sesuatu agar kebutuhan manusia terpenuhi dengan dan juga donasi dari indera akal. Sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat anggota tubuh, panca indra, serta otak manusia menjadi lebih hebat.

Pemanfaatan technology dalam aktifitas kehidupan manusia telah memberikan banyak kemudahan. Bahkan, sebagian besar aktifitas manusia akan menjadi sulit bahkan terhambat apabila dalam pengerjaannya tidak disertai dengan bantuan dari technology.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita semua telah merasakan bahwa perkembangan teechnology terjadi begitu cepat. Dari hari ke hari, technology menjadi semakin canggih dan semakin mudah digunakan. Melakukan komunikasi, belajar, mencari dan mendapatkan informasi atau berita melalui tv, serta aktifitas lainnya, hampir tidak pernah lepas dari bantuan produk yang sering disebut dengan technology.

Di antara inovasi terbaru yang saat ini hadir memberikan banyak solusi bagi kehidupan manusia yang lebih modern dan efisien dalam bidang technology adalah smart technology. Smart technology saat ini menjadi tren yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia dalam melakukan berbagai kegiatan.

Lalu apa itu smart technologi? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui pengertian smart technology.

Pengertian Smart Technology

Apa itu smart technology? Smart technology atau teknologi pintar adalah suatu teknik pemanfaatan produk-produk pintar dengan kebutuhan biaya yang rendah, waktu yang singkat, dan cara yang mudah untuk membantu serta memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan manusia.

Meskipun arti dari kata smart adalah pintar, namun kata smart yang dimaksud dalam istilah smart technology ini sebenarnya adalah singkatan dari Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology atau analisis pemantauan diri dan teknologi pelaporan.

Hadirnya smart technology memungkinkan manusia untuk melakukan komunikasi lebih mudah, dan mengontrolnya melalui smartphone atau beragam gawai lainnya. Dengan menggunakan smart technology, setiap manusia dapat meningkatkan gaya hidupnya dengan penuh kenyamanan dan kemudahan dalam memegang kendali, serta menghemat waktu dan energi.

Smart technology digunakan dan diterapkan agar manusia dapat belajar menggunakan pengalaman untuk meningkatkan kinerja, mengantisipasi, berpikir, dan bernalar tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, dengan kemampuan untuk menghasilkan dan menopang diri sendiri.

Contoh Penerapan Smart Technology di Tahun 2022

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan smart technology populer yang harus kita ketahui:

1. Internet of Things (IoT)

Internet of things adalah sebuah teknologi komunikasi antar mesin dengan menggunakan koneksi internet. Bentuk komunikasi pintar ini juga disebut M2M atau Machine to Machine, dimana manusia bertugas sebagai pengelola dan penggunanya.

Dikatakan pula bahwa IoT atau internet of things adalah sebuah konsep teknologi dimana transfer data dilakukan melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi antar manusia atau interaksi manusia dengan komputer.

Menurut Ashton, internet of things adalah upaya untuk mengubah dunia menjadi lebih cerdas. Sebagaimana yang pernah dilakukan oleh internet, konsep internet of things diharapkan dapat memberikan perubahan pada dunia ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Connected Devices

Connected Devices adalah objek fisik yang dapat terhubung satu sama lain dan sistem lain melalui internet. Mereka menjangkau semuanya, mulai dari perangkat keras komputasi tradisional, seperti laptop atau desktop, hingga perangkat seluler umum, seperti ponsel cerdas atau tablet.

Daftar objek yang terus bertambah ini mencakup peralatan rumah tangga, sistem pemanas dan pendingin, kendaraan, monitor kesehatan dan kebugaran, sensor lingkungan, dan banyak lagi.

Perangkat ini biasanya disematkan dengan teknologi seperti chip pemrosesan, perangkat lunak, dan sensor, mengumpulkan data dan membaginya dengan perangkat dan sistem lain. Perangkat yang terhubung biasanya dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh. Mereka terhubung dengan internet sat sama lain melalui berbagai jaringan dan protocol kabel dan nirkabel.

Manfaat Penggunaan Smart Technology Bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan smart technology dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menghemat Energi

Penggunaan smart technology bagi peralatan rumah tangga, dapat menghemat penggunaan energi listrik di dalam rumah. Otomatisasi dari produk smart technology ini memungkinkan produk untuk melakukan kerja secara otomatis.

2. Menghemat Biaya

Selain menghemat energi, penggunaan smart technology juga dapat menghemat anggaran biaya yang harus dikeluarkan oleh penggunanya.

3. Memberikan Kenyamanan

smart technology memberikan kenyamanan bagi setiap penggunanya. Penggunaan produk-produk tersebut dapat diatur dengan mode pintar, sehingga produk tersebut akan bekerja sesuai kondisi dan kebutuhan penggunaanya tanpa perlu melakukan penyetelan manual.

4. Tingkat Keamanan Tinggi

Smart technology memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga jauh lebih efektif dalam mencegah gangguan, dibandingkan dengan sistem keamanan teknologi yang dioperasikan secara manual.

5. Memberikan Ketenangan

Dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi, smart technology tentu memberikan ketenangan di hati para penggunanya.

Itulah lima manfaat dari penggunaan smart technology dalam membantu setiap aktifitas rumah tangga.

Related Post :