Pengertian Program Internship, Manfaat dan Tujuannya

  • admin
  • Apr 07, 2022

Bekerja.id – Jika kalian seorang mahasiswa yang saat ini berada pada tingkat akhir atau fresh graduate, istilah program internship mungkin bukanlah istilah yang asing lagi. Program internship merupakan suatu program yang sangat familiar dan banyak diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir, dengan tujuan untuk mencari pengalaman pekerjaan.

Istilah lain dari program Internship yang cukup familiar bagi masyarakat adalah program magang, yaitu sebuah kegiatan pelatihan kerja yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa semester akhir atau mahasiswa lulusan baru di sebuah perusahaan tertentu.

Berbicara mengenai program internship, pada tulisan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang apa itu program internship mulai dari pengertian, manfaat dan tujuan dari program internship. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak secara seksama tulisan berikut ini!

Pengertian Program Internship

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa, program internship adalah sebuah kegiatan magang atau pelatihan kerja yang dilakukan oleh mahasiswa lulusan baru atau semester akhir guna mendapatkan pengalaman pekerjaan.

Dapat dikatakan juga bahwa program internship adalah suatu program dari sebuah perusahaan yang sengaja disiapkan untuk para mahasiswa lulusan baru atau yang akan lulus dari instansi pendidikan tertentu dan belum memiliki pengalaman kerja. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan sebagai upaya untuk membantu mahasiswa agar dapat mengenal tentang dunia kerja.

Program atau pekerjaan yang disiapkan oleh perusahaan untuk para peserta intership biasanya adalah program atau proyek pekerjaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja tambahan lebih banyak atau vacant yang sesuai dengan bidang studi mahasiswa.

Program internship umumnya dilaksanakan dalam kurun waktu yang singkat, yaitu mulai dari satu minggu atau bahkan sampai dua belas bulan.

Para pekerja atau mahasiswa yang berstatus sebagai Intersnhip sering disebut dengan nama intern.

Manfaat Program Internship

Selain beberapa tujuan di atas, program internship juga mempunyai banyak manfaat bagi kita selaku peserta internship pada suatu perusahaa.

Di antara manfaat yang akan didapatkan oleh peserta magang dari intership program adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Pengalaman Kerja

Manfaat yang bisa kita dapatkan selama mengikuti program internship adalah mendapatkan pengalaman kerja. Pengalaman kerja ini merupakan warming up sebelum seseorang benar-benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Selama pelaksanaan program internship akan ada banyak hal yang dapat kita pelajari, seperti sistem kerja sebuah perusahaan, etos kerja, budaya dan kebiasaan, serta dapat mempraktekan langsung ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah.

2. Mempunyai Relasi Baru

Selain mendapatkan pengalaman kerja, manfaat yang didapatkan dari mengikuti pelaksanaan program internship adalah mendapatkan teman atau relasi baru.

Dengan semakin bertambahnya relasi dan teman baru, kita dapat belajar lebih banyak kepada mereka terkait bagaimana cara untuk mendongkrak karir dan mengembangkan potensi yang ada pada diri kita.

Terlebih relasi yang kita dapatkan di perusahaan tersebut adalah orang-orang senior yang sudah lama terjun di dunia kerja. Tentu akan banyak pelajaran yang kita dapatkan.

3. Kemampuan Komunikasi Meningkat

Dengan mengikuti program internship di sebuah perusahaan, tentu kita akan sering berhadapan dengan banyak orang baik dari rekan kerja, atasan ataupun klien.

Cara komunikasi yang dilakukan ketika bertemu dengan mereka tentu berbeda dibandingkan ketika berhadapan dengan teman kuliah atau keluarga. Maka, secara tidak langsung ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan komunikasi kita.

4. Mempraktikan Ilmu yang Dipelajari

Hal lain yang merupakan manfaat ketika kita mengikuti program internship adalah, kita dapat mempraktikan ilmu yang telah kita pelajari di bangku kuliah.

Segala macam bentuk ilmu pengetahuan yang telah kita pelajari, dapat disalurkan dan direalisasikan melalui program internship ini sesuai dengan job desk yang diberikan perusahaan kepada kita.

5. Peluang Untuk Menjadi Pegawai Tetap

Manfaat yang tentunya paling diharapkan oleh seseorang yang mengikuti program internship adalah peluang untuk diangkat menjadi pegawai atau karyawan tetap di perusahaan yang kita ikut magang di dalamnya.

Hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil, terlebih ketika dalam masa magang kita memberikan kinerja yang maksimal di atas ekspektasi perusahaan. Sudah barang tentu, kita akan dilirik oleh atasan untuk menjadi pegawai tetap.

Jadi, lakukanlah yang terbaik ketika kita mengikuti internship program.

Tujuan Program Internship

Program internship bukanlah sebuah program yang dilaksanakan tanpa adanya arah dan tujuan, melainkan di dalamnya terdapat banyak sekali fungsi dan tujuan dari internship program.

Di antara tujuan dan fungsi dari program internship adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Pengalaman Kerja

Tujuan yang utama dan paling utama dari program internship adalah untuk mendapatkan pengalaman kerja. Pengalaman kerja merupakan pengalaman yang penting dan sangat dipertlukan sebagai mahasiswa lulusan baru yang akan terjun ke dunia kerja.

Pengalaman kerja adalah bekal yang berharga dan tentu tidak akan pernah kita dapatkan di dalam bangku kuliah. Ini merupakan salah satu tujuan dari internship program.

2. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Tujuan berikutnya dari program internship adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki.

Dengan meningkatnya pengatahuan dan keterampilan pada diri kita, maka akan mendorong diri kita untuk lebih percaya diri dan semakin bersemangat untuk meraih pencapaian-pencapaian prestasi kerja kita.

3. Menambah Koneksi

Tujuan selanjutnya dari program internship adalah sebagai wadah untuk menambah koneksi pada karir peserta internship program.