Media Sosial Terbaik untuk Bisnis

  • admin
  • Nov 10, 2022

Bekerja.id – Strategi pemasaran produk bisnis suatu perusahaan terus mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak penggunaan internet semakin tinggi. Pemasaran produk bisnis yang sebelumnya menggunakan strategi tradisional atau konvensional, kini berkembang menjadi strategi pemasaran berbasis digital.

Penerapan strategi pemasaran berbasis teknologi digital ditempuh dengan tujuan untuk mempromosikan brand atau merek, membentuk preferensi, dan meningkatkan traffic penjualan melalui beberapa teknik pemasaran digital. Pemasaran digital juga sering disebut dengan istilah pemasaran online atau pemasaran melalui internet.

Salah satu strategi pemasaran online yang saat ini sedang menjadi primadona bagi para pelaku bisnis adalah strategi pemasaran menggunakan media sosial. Di era transformasi digital seperti sekarang ini, media sosial mempunyai peran yang sangat penting dalam proses perkembangan bisnis.

Hal ini berawal dari banyaknya manusia yang mulai menggunakan internet terutama media sosial sebagai alat untuk melakukan komunikasi. Sehingga, pengguna media sosial selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Maraknya penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi dan hiburan menjadi peluang tersendiri bagi pelaku bisnis.

Media Sosial Terbaik untuk Mempromosikan Produk Bisnis

Saat ini, media sosial menjadi salah satu tools yang sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk sebuah bisnis. Ada banyak platform media sosial yang dapat dimanafaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda, agar semakin berkembang dan mendapatkan konversi penjualan yang tinggi.

Di antara media sosial terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk bisnis Anda adalah:

1. Facebook

Facebook merupakan platform media sosial yang sangat terkenal di seluruh dunia. Saat ini, pengguna aktif dari platform facebook telah mencapai miliaran pengguna, dengan berbagai fitur yang terus menerus dikembangkan.

Sebagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh penggunanya, facebook memiliki banyak sekali kelebihan karena dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis maupun individu.

Selain itu, facebook juga memiliki segudang manfaat bagi Anda untuk mempromosikan produk bisnis. Di antaranya yaitu:

  • Meningkatkan popularitas brand bisnis.
  • Menargetkan jangkauan konsumen yang lebih luas.
  • Sebagai media promosi bisnis yang sangat efisien.
  • Memiliki banyak fitur keren untuk menunjang bisnis.
  • Mudah untuk digunakan.
2. Instagram

Selain facebook, Instagram juga termasuk salah satu platform media sosial yang paling banyak digemari dan memiliki pengguna terbanyak di dunia. Bahkan, pengguna Instagram selalu mengalami peningkatan yang cukup drastis setiap tahunnya.

Instagram adalah platform media sosial yang dikhususkan untuk berbagi konten visual seperti gambar dan video, baik melalui feed, story maupun reels penggunanya. Dengan menggunakan Instagram, para pengguna dapat menunjukkan berbagai hal kepada khalayak ramai, mulai dari hal-hal yang penting dan berguna hingga hal-hal yang bersifat receh.

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu tidak akan menghabiskan banyak waktu di instagram hanya untuk berbagi hal-hal yang tidak bermanfaat. Lebih baik memanfaatkan Instagram sebagai sarana promosi produk dengan berbagi foto ataupun video mengenai kelebihan dan manfaat dari produk bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada, Instagram dapat Anda gunakan sebagai media sosial terbaik untuk mempromosikan produk bisnis dan mengembangkan bisnis Anda.

3. Youtube

Sebagaimana media sosial seperti facebook dan instagram, platform youtube juga menjadi salah satu aplikasi media sosial terbaik untuk bisnis yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis sebagai sarana promosi di era transformasi digital seperti sekarang ini.

Apabila Anda sering membuka aplikasi youtube dan menonton video secara streaming di youtube, Anda mungkin akan merasa terganggu dengan keberadaan iklan yang kerap kali muncul di tengah-tengah video. Namun, bagi pelaku bisnis dan pemilik laman youtube tersebut, adanya fitur Adsense merupakan hal yang sangat menguntungkan.

Fitur AdSense ini memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas promosi produk melalui iklan di youtube, sehingga iklan tersebut dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

4. WhatsApp

Pada saat ini, hampir seluruh pengguna internet menggunakan aplikasi yang bernama WhatsApp ini.

WhatsApp adalah aplikasi pesan cerdas yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan tanpa harus menggunakan pulsa, karena WhatsApp merupakan aplikasi yang menggunakan paket data internet. WhatsApp biasanya digunakan untuk melakukan komunikasi dengan keluarga dan teman, dengan berbagai fitur yang mudah digunakan seperti chat, panggilan suara, dan panggilan video.

Aplikasi WhatsApp sendiri terdiri dari dua versi, yaitu versi biasa dan versi bisnis yang biasa disebut dengan WhatsApp Bisnis. WhatsApp Bisnis memiliki fitur-fitur khusus yang tidak hanya dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan komunikasi bagi penggunanya, namun juga dapat digunakan sebagai sarana pemasaran produk sebuah bisnis.

Di antara fitur-fitur WhatsApp bisnis yang dapat digunakan untuk promosi bisnis yaitu:

  • Profile Bisnis – Fitur ini berguna agar calon client lebih percaya terhadap bisnis Anda.
  • Pesan Otomatis – Ada tiga jenis pesan otomatis yang tersedia pada WhatsApp bisnis, yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies.
  • Katalog Produk Bisnis Anda.
  • Statistik Pesan.
  • Label untuk kontak pelanggan.

Dengan fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp bisnis sebagaimana di atas, Anda bisa dengan mudah mempromosikan bisnis dan melakukan komunikasi dengan pelanggan Anda.

5. TikTok

Media sosial terbaik untuk bisnis yang saat ini juga sedang digandrungi oleh banyak oreng mulai dari generasi z sampai baby boomer adalah TikTok. TikTok adalah media sosial yang berbasis video singkat dengan durasi antara 15 hingga 60 detik. Sekilas, TikTok memang tidak ada bedanya dengan media sosial lain yang juga berbasis video seperti Youtube.

Namun, dengan menggunakan Youtube, pengguna harus memakai software pihak ketiga untuk melakukan perekaman dan pengeditan sebelum akhirnya video tersebut harus dibagikan di platform tersebut. Beda halnya dengan TikTok yang mana pengguna bisa langsung merekam, mengedit, dan menambagkan sound serta filter tanpa harus melibatkan aplikasi lain.

Dilihat dari popularitas dan perkembangannya, platform media sosial ini cocok untuk pelaku bisnis sebagai media promosi.