Mau Move On Tanpa Dendam? Perempuan Hebat Bisa Lakukan Itu!

  • 2 min read
  • Jul 07, 2021

Jabanjia.com – Tidak mudah untuk bisa menerima fakta jika hubunganmu dengannya sudah berakhir. Apa lagi jika kamu telah menjalani hubungan yang lama, terutama kalian yang bahkan sudah menikah. Menyelesaikan hubungan dan move on harus diakui adalah proses yang sulit. Beberapa orang memaksa diri untuk bisa melanjutkan hidup tanpa menyelesaikan masalah dengan dirinya di awal. Berikut yang pada akhirannya jadi membuat moving on jadi lebih kompleks dan susah dilakukan.

1. Akui Perasaanmu

Tidak mudah untuk menjelaskan jika kamu sedih dan menyayangkan apa yang harus terjadi pada hubunganmu dengannya. Tetapi, mengaku semua perasaan yang kamu rasakan bisa menjadi langkah pertama untuk bisa menyelesaikan semua. Mencari tahu apa yang kamu rasakan, apa itu bersedih, ragu, kecewa, atau bahkan juga khawatir? Setelah itu, kamu bisa mulai mengenali penyebabnya sampai kamu bisa melanjutkan proses move on ke cara yang lebih nyata.

2. Rasakan Duka Itu

Kamu bisa move on sepenuhnya saat kamu telah menuntaskan dan mengeluarkan perasaan sedih dan duka itu. Itu sebabnya, kamu bisa menangis sesuka hatimu dan mengungkapkan isi hatimu semuanya ke orang yang kamu yakin atau psikolog professional sekalipun. Kamu harus bisa memberikan dirimu kebebasan untuk merasakan sepenuhnya spektrum emosional yang kamu alami. Kamu juga harus menghindari jatuh ke jebakan penyangkalan yang hanya akan membuat luka masih tetap ada di sana.

3. Maafkan Dirimu, Dia, dan Hubungan Kalian

Maafkan dirimu, maafkan mantanmu, maafkan keadaan karena tidak berhasil. Karena menyimpan hati dendam bisa menjadi racun yang membuat semua jadi benar-benar sulit untuk berlanjut ke kehidupan yang sehat dan bahagia. Maaf akan bertindak seperti pendorong seseorang untuk bergerak maju. Dengan membebaskan, kamu akan berasa nyaman menjadi diri sendiri dan mencapai tempat yang kamu harapkan dibanding ditahan oleh hal-hal negatif yang mengacau kehidupanmu.

4. Minta Maaf

Ini bisa menjadi benar-benar sulit saat kamu yang memutuskan perpisahan itu akibat dari kesalahan yang sudah dilakukan oleh pasanganmu. Tidakkah seharusnya dia yang meminta maaf? Ingat, permintaan maaf bukan makna dari kekalahan. Meminta maaf memiliki arti kamu ingin melepaskan semua beban dan tanggung jawab yang kamu punyai. Dengan begitu kamu bisa meluncur ke kehidupan selanjutnya tak perlu memikirkan dirinya kembali.

5. Rayakan Status Barumu!

Terakhir, bila kamu merasa telah selesai dengan itu semua, cobalah untuk melanjutkan hidupmu dengan merayakan titik balik dari semua kesusahan dan permasalahan dalam hubunganmu yang lalu. Kamu bisa mulai merayakan hari-harimu jadi seorang single yang bahagia tanpa beban. Bawa diri kamu makan di tempat favoritmu atau membelanjakan dirimu barang-barang yang sudah lama kamu mimpikan. Beri diri kamu sendiri apresiasi atas keberanian dan kemauan untuk bisa meneruskan hidup lebih baik.