Manfaat Teknologi Informasi, Memudahkan Kehidupan Manusia

  • admin
  • Mar 03, 2022

Bekerja.id – Teknologi informasi terus mengalami perkembangan seiring dengan terus berkembangnya kehidupan peradaban manusia. Perkembangan teknologi informasi telah membawa banyak perubahan bagi manusia dalam berbagai bentuk kegiatan organisasi maupun proses bisnis dan membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi dalam menjalankan berbagai aktivitas individu, organisasi, maupun bisnis.

Menurut Richardus, teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang berkaitan dengan penggarapan data menjadi suatu informasi dan prosedur penyebaran informasi tercantum pada garis ruang dan waktu. Sedangkan Kadir dan Triwahyuni menyebutkan bahwa teknologi informasi adalah pendalaman pemanfaatan perlengkapan elektronika, terutama komputer, untuk mengarsipkan, mempelajari, dan membagikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, angka, dan gambar.

Sementara itu, Mulyadi menjelaskan bahwa teknologi informasi adalah suatu teknologi yang meliputi komputer baik itu hardware maupun software, berbagai peralatan elektronik kantor, perlengkapan pabrik, dan telekomunikasi.

Berdasarkan beberapa pandangan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi merupakan suatu perpaduan dari teknologi komputerisasi dan komunikasi yang berwujud software maupun hardware, dan digunakan untuk mengerjakan, menguraikan, mengarsipkan, dan menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan.

Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Manusia

Teknologi informasi mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat teknologi informasi dalam kehidupan sangat dirasakan oleh manusia dalam mengatasi berbagai masalah, menambah produktivitas, meningkatkan efektifitas dan efsiensi, dan meningkatkan kreativitas bagi manusia.

Berikut ini adalah beberapa tujuan dan manfaat teknologi informasi dalam kehidupan manusia:

1. Memudahkan Manusia dalam Komunikasi

Di antara manfaat teknologi informasi dalam kehidupan manusia adalah memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Baik itu komunikasi dengan seseorang yang sudah kita kenal secara langsung di dunia nyata seperti keluarga, teman, dan rekan kerja. Atau untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain yang belum kita kenal di dunia nyata.

2. Memberikan Kemudahan dalam Akses Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam kehidupan manusia yang selanjutnya adalah untuk memberikan kemudahan bagi manusia dalam mencari, mendapatkan, dan menyajikan informasi kepada penggunanya. Perkembangan teknologi informasi, memberikan kemudahan bagi manusia untuk mencari dan menelusuri berbagai informasi terkait berita, ilmu pengetahuan, maupun informasi-informasi lainnya secara update, baik dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video.

3. Mengolah dan Memproses Informasi atau Data

Perkembangan teknologi informasi juga memberikan manfaat bagi manusia dalam melakukan pengolahan dan prosesing suatu informasi atau data. Dalam hal ini manusia dapat merubah data yang ada menjadi data dengan informasi terbaru dengan bantuan teknologi informasi.

4. Manajemen Data

Teknologi informasi memberikan manfaat bagi manusia untuk melakukan manajemen terhadap data yang dimiliki. Berbicara mengenai data, tentu tidak bisa dilepaskan dengan perusahaan-perusahaan besar.

Data-data besar yang dimiliki oleh perusahan-perusahaan tersebut dapat dimanajemen dengan sangat mudah, sehingga memudahkan para pemilik perusahaan dalam menyimpanya, mencari, dan mengambil data yang dibutuhkan sewaktu-waktu.

5. Manajemen Hubungan dengan Konsumen

Manfaat lain dari teknologi informasi dalam kehidupan manusia dalam hal bisnis adalah untuk melakukan manajemen hubungan perusahaan dengan konsumen.

Dengan adanya teknologi informasi, data interaksi antara pelanggan dengan perusahaan daoat ditangkap, direkam, dan disimpan secara cepat. Data tersebut kemudian dapat dicari dan dilacak apabila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan manajemen hubungan dengan konsumen tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan langsung dari adanya perkembangan teknologi informasi bagi kehidupan manusia. Selain beberapa manfaat di atas, jelas sekali bahwa masih banyak manfaat-manfaat lain dari teknologi informasi bagi kehidupan manusia yang dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, jelas memberikan banyak dampak positif bagi manusia. Namun, penggunaan teknologi informasi yang serampangan dan sembarangan, serta tidak dilandasi dengan norma-norma agama, tentu akan memicu dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Oleh karenanya, bijaklah dalam menggunakan teknologi di masa sekarang!

Related Post :