Manfaat Customer Development Bagi Pelaku Bisnis

  • admin
  • Jan 01, 2021

Bekerja.id, – Pada bisnis StartUp banyak yang hadapi kegagalan karena belum paham tentang target pasar bagi produk mereka. Selain itu dalam dunia bisnis salah satu faktor terpenting yang perlu dicermati oleh pebisnis adalah pelanggannya. Disisi lain metode yang perlu diterapkan dalam analisis pelanggan adalah customer development.

Customer development adalah cara bagi StartUp agar bisa meningkatkan pasar mereka. Memahami apa yang sedang dibutuhkan pelanggan, serta paham akan tren yang sedang diperbincangkan oleh pelanggannya sehingga dikemudian hari bisnis akan tumbuh baik. Berikut penjelasan lebih lengkap terkait apa itu customer development.

Pengertian Customer Development

Menurut Lean StartUp dari Steve Blank, pada bukunya yang berjudul “The Four Steps to the Epiphany” memberitahukan kalau customer development adalah suatu metode yang bisa memanfaatkan dengan empat langkah untuk mendapatkan target pasar serta memvalidasi pelanggan yang mau dituju.

Keempat metode tersebut terdiri dari customer discovery, customer validation, customer creation serta company building. Dengan empat metode tersebut dapat digunakan untuk memperbesar skala bisnis. Sebab menguasai target pasar adalah suatu yang sangat krusial.

Langkah berikutnya dari customer development adalah customer discovery. Untuk mengetahui kebutuhan pasar perlu melakukan hipotesis secara langsung ke target pasar. Berbeda dengan pengertian customer validation adalah sebagai langkah yang digunakan untuk membangun sales road map.

Pada tahap customer creation dipakai untuk mengetahui permintaan pelanggan terkait produk yang sedang ditawarkan sehingga kedepannya bisa menarik minat banyak pelanggan tetap. Tahap paling akhir adalah company building yang menentukan fokus terbentuknya departemen pengembangan pada marketing bisnis.

Bagi Agile Alliance berkata kalau customer development adalah proses untuk mendapatkan target pasar serta memvalidasi kebutuhan pelanggan. Hasil dari analisis tersebut akan digunakan untuk merancang produk yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan dari pelanggan.

Dari penjelasan diatas bisa dipahami mengenai apa itu customer development. Metode customer development adalah proses yang berkepanjangan. Perusahaan bakal terus menerapkan pengujian terhadap produknya. Dengan tata cara ini akan bermanfaat untuk mendeteksi, menguji serta memvalidasi anggapan mengenai kebutuhan pasar.

Manfaat Customer Development Untuk Bisnis

Sesudah paham tentang pengertian target pasar, metode ini bisa Anda terapkan pada bisnis Anda untuk membantu perkembangan serta pertumbuhan dari StartUp yang sedang dibangun. Pemahaman konsumen adalah aspek terpenting pada suatu bisnis. Sehingga membutuhkan analisis secara khusus.

Dengan memahami kebutuhan pelanggan, membuat produk yang sedang Anda promosikan akan menjadi mudah dan fokus pada target pasar mana yang cocok. Disisi lain, customer development sebagai salah satu metode yang digunakan untuk mengehemat waktu serta uang untuk pembuatan produk yang gagal.

Perusahaan tidak butuh menghabiskan dana saat trial and error, metode customer development adalah salah satu pilihan yang tepat. Bertanya kepada masyarakat secara langsung terkait produk yang sedang dikembangkan sudah efisien atau belum sehingga bisa menjadi lebih terjangkau dari segi harga.

Perusahaan dapat menghasilkan produk yang sudah divalidasi dengan fakta sesuai dengan informasi target pasar, sehingga dapat membantu proses promosi menjadi lebih efisien. Dengan adanya survey secara langsung ke pelanggan, maka akan ada ulasan yang diberikan oleh pelanggan untuk membantu penilaian produk tersebut.

Produk yang telah dilakukan survey ke target pasar, bisa dipastikan sudah memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Langkah yang perlu dilakukan dalam survey sebelum produk dijual bebas yaitu memvalidasi produk tersebut sudah memenuhi standar bagi masyarakat serta bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tim dapat melakukan validasi setiap anggapan yang diberikan oleh konsumen yang sudah di survey. Strategi bisnis juga bisa diterapkan dari jauh hari untuk perkembangan kedepannya. Tidak heran jika customer development adalah proses yang selalu dicoba oleh bermacam perusahaan StartUp.

Untuk kalian yang mengawali bisnis StartUp, kalian dapat memakai metode customer development untuk memvalidasi produk yang kalian buat bisa diterima oleh kalangan masyarakat serta dapat membantu permasalahan mereka. Dengan begitu StartUp milikmu dapat terus tumbuh dengan mengevaluasinya secara rutin serta memberikan yang terbaik buat kepuasan pelanggan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *