Jenis-jenis Pembersih Wajah Berdasarkan Fungsi dan Jenis Kulit

  • 2 min read
  • Jul 18, 2021

Jabanjia.com – Pembersih wajah atau cleanser adalah produk skincare yang berfungsi untuk bersihkan muka dari debu, kotoran dan sisa make up. Tidak hanya itu pembersih muka juga bisa memperbaiki, menghaluskan dan membuat cerah wajah. Ada beragam jenis cleanser yang beredar di pasar dengan bentuk dan fungsi yang berbeda.

Pembersih wajah atau cleanser perlu disesuaikan dengan jenis kulit, keadaan dan kebutuhan kulit. Berikut Jabanjia telah meringkas jenis-jenis pembersih muka sesuai fungsi dan jenis kulit.

Cleansing Oil

Cleansing oil adalah pembersih muka yang berbahan dasar minyak. Sabun cuci muka ini memiliki fungsi untuk melarutkan minyak, kotoran dan sisa make up tanpa membuat wajah jadi berminyak.

Cleansing oil adalah pembersih muka yang cocok untuk semua jenis kulit. Dimulai dari sabun muka untuk kulit kering, sabun muka untuk kulit berminyak, dan sabun muka untuk jerawat.

Cleansing Milk

Cleansing milk adalah pembersih muka yang berbahan dasar emulsi alami lemak dan air. Sabun cuci muka jenis ini berperan untuk menghapus kotoran di wajah secara halus dan menenangkan kulit.

Cleansing milk adalah pembersih muka yang cocok untuk semua jenis kulit. Dimulai dari sabun muka untuk kulit kering, sabun muka untuk kulit berminyak, dan sabun muka untuk jerawat.

Cleansing Balm

Cleansing balm adalah pembersih wajah yang berbahan dasar. Jenis sabun muka ini berperan untuk membersihkan semua kotoran dan make up sekaligus memberikan kelembapan di kulit. Sabun muka jenis ini cocok jadi sabun muka untuk kulit kering dan sensitif dan sabun muka untuk jerawat.

Micellar Water

Micellar water adalah pembersih wajah yang berfungsi untuk mengangkat semua minyak dan kotoran tanpa membuat kulit jadi kering. Umumnya selesai menggunakan micellar water, kulit jadi terasa fresh dan ringan. Micellar water adalah pembersih wajah yang dengan bahan dasar air. Sabun cuci muka ini cocok untuk semua jenis kulit.

Foam Cleanser

Foam cleanser adalah pembersih muka yang berupa krim dan bisa menghasilkan busa. Pembersih wajah ini dapat menghindari gesekan langsung antara tangan dengan kulit wajah. Pembersih muka ini cocok digunakan semua jenis kulit, mulai dari kering, normal sampai berminyak.

Itu 5 jenis sabun cuci muka dengan manfaat dan kriteria kulit yang cocok. Seharusnya sebelum pilih sabun cuci muka, kamu harus mengetahui jenis, permasalahan dan kebutuhan kulit.