Jangan Sepelekan, Ini Panduan Pacaran dengan Teman Sekantor!

  • 2 min read
  • Jul 07, 2021

Jabanjia.com – Berpacaran dengan gebetan itu biasa, berpacaran dengan teman juga banyak terjadi. Nah, bila pacaran dengan teman satu kantor bagaimana? Sebetulnya peristiwa ini sudah banyak terjadi, walau beberapa perusahaan ada yang menerapkan aturan tidak boleh berpacaran dengan teman sekantor.

Panduan Pacaran dengan Teman Satu kantor

Jika Sahabat Jabanjia sedang atau akan menjalin hubungan percintaan dengan teman kerja kira-kira batasan professional apa ya yang harus kita lakukan? Ketahui panduan pacaran dengan teman satu kantor yang dikutip dari situs Wolipop, ini yuk!

Pahami Mengenai Kebijakan Perusahaan

Kenali kebijakan perusahaan saat sebelum kita menjalin hubungan cinta dengan teman satu kantor, karena biasanya beberapa perusahaan mempunyai aturan cukup ketat tentang ini.

Bahkan beberapa perusahaan melarang ada hubungan pernikahan antar karyawan di kantor yang sama. Banyak alasan yang mendasari aturan tersebut, namun secara umum aturan ini diterapkan karena untuk menghindari terganggunya konsentrasi dan produktivitas kerja.

Bila kebijakan di perusahaan Sahabat Jabanjia mengenai hal ini cukup ketat, maka alangkah lebih baiknya kita memikiran lebih matang terlebih dahulu, pertimbangkan mana yang lebih utama hubungan cinta atau pekerjaan? Bila perlu, diskusikan hal ini dengan teman kerja yang akan menjalin hubungan dengan kita ya, Sahabat Jabanjia.

Tanamkan Etika dan Profesionalitas Kerja

Hal terpenting yang penting selalu kita berikan adalah harus bisa memisahkan antara kepentingan pribadi dengan pekerjaan. Selalu berikan etika dan profesionalitas dalam bekerja, Jangan sampai hubungan cinta mempengaruhi kinerja dan efisiensi kita dalam bekerja.

Bila pekerjaan kita terbengkalai karena terlalu fokus dengan hubungan asmara, jadi kredibilitas kerja kita akan tercoreng dan bisa dipastikan jenjang karir kita akan terhalang.

Menjalin Hubungan dengan yang Setara

Pikirkan mengenai politik dan hierarki di perusahaan. Alangkah lebih baiknya kita berpacaran dengan karyawan yang setara atau setingkat dengan kita. Ini dikarenakan, bila kita berpacaran dengan pekerja yang tidak setingkat akan menimbulkan banyak konflik. Misalkan, kita berpacaran dengan atasan maka menimbulkan praduga jika kita jadi karyawan kesayangan. Bila ini memang tidak dapat dihindari, maka sebaiknya salah satu berhenti bekerja atau mengajukan resign dan mencari pekerjaan lain.

Hindari Bermesraan di Kantor

Salah satu etika pacaran dengan rekan sekantor yang perlu kita terapkan yaitu hindari bermesraan di kantor. Kita bisa mengungkapkan rasa cinta kita ke pacar, tetapi tentu saja kantor bukan lokasi yang tepat, lakukan ini di luar kantor dan tentunya tidak mengganggu waktu kerja . Jadi, alangkah lebih baiknya jaga jarak saat bekerja adalah cara yang tepat.

Kita perlu memahami, jika saat di dalam kantor hubungan yang terjalin cuman sebatas partner kerja. Sepanjang apa saja hubungan asmara kita, maka jauhi terlalu mengumbar kemesraan di media sosial, YouTube atau di ranah online mana saja. Umumnya, hubungan cinta di kantor rentan sekali munculkan skandal yang menimbulkan isu tentu saja merugikan kita terlebih kinerja kerja kita.

Jangan Terikat

Saat dalam kantor tidak boleh terikat satu sama lain. Usahakan kita mempunyai lingkup pertemanan sendiri, maka tidak saling ketergantungan atau seperti anak kembar. Penting untuk kita punyai quality time bersama teman sepermainan di kantor, begitu juga dengan pacar kita.

Hindari Pertengkaran di Kantor

Tiap hubungan memang tidak selamanya mulus, tapi bukan berarti kita membawa pertengkaran di kantor. Ingat selalu etika dan profesionalitas kerja, kita bisa berpendapat di luar kantor dan menyelesaikan masalah di luar kantor, dan tentu saja tidak boleh mengganggu jam kerja.

Terlepas dari tutorial pacaran dengan rekan satu kantor barusan, bila Sahabat Jabanjia termasuk orang yang mudah bosan, maka jauhi menjalin hubungan dengan rekan kerja. Seperti dikutip dari situs Wolipop, Psikolog Klinis Dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi., menjelaskan, bahwa pacaran satu kantor bisa memunculkan rasa bosan, ini karena intensitas bertemu tentunya setiap hari.