Faktor Penyebab Rambut Lepek dan Kulit Kepala Berminyak

  • 2 min read
  • Jul 09, 2021

Jabanjia.com – Banyak orang yang ingin mempunyai rambut yang bouncy, mudah ditata dan halus. Sayangnya, masalah rambut berminyak justru banyak dirasakan oleh sebagian besar wanita. Memiliki rambut yang berminyak dan lepek membuat tampilan jadi tidak terlihat sempurna. Biasanya, rambut lepek dan berminyak membuat kita menjadi tidak percaya diri. Nah buat kamu yang memiliki masalah rambut lepek dan berminyak, berikut beberapa pemicu rambut lepek dan berminyak dan panduan untuk mengatasinya.

Kulit kepala berminyak dan lepek ternyata disebabkan oleh beberapa faktor pemicunya. Berikut faktor-faktornya:

Pengaruh hormon. Hormon menjadi satu diantara penyebab produksi minyak berlebih di kulit kepala. Pengaruh hormon ini lebih banyak dirasakan oleh para wanita saat alami beberapa situasi, seperti saat hamil, menopause, pubertas, stress sampai saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Tekstur rambut. Selain hormon, nyatanya struktur rambut memilki peran dalam produksi minyak. Contohnya untuk pemlik rambut lurus biasanya lebih banyak mmproduksi minyak lebih banyak di banding dengan pemlik rambut keriting dan bergelombang.

Penggunaan produk styling rambut nyatanya bisa memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala. Hal tersebut disebabkan, produk styling rambut bisa mati sisa residu yang menempel di kulit kepala.

Cuaca mempunyai pengaruh dalam memproduksi minyak di kulit kepala. Contohnya, saat cuaca sedang panas, badan cenderung mudah berkeringat dan membuat kulit kepala memproduksi minyak berlebih.

Itu dia beberapa faktor pemicu kulit kepala berminyak dan lepek. Setelah kita mengetahu faktornya, kita bisa lakukan beberapa teknik berikut untuk mengatasi kulit kepala berminyak dan lepek.

Cuci rambut secara benar

Salah satu cara menjaga kulit kepala diawali dari mencuci rambut yang benar. Sejauh ini, masih banyak diantara kita yang meremehkan proses mencuci rambut. Saat membersihkan rambut, tidak boleh menggosok kulit kepala terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi. Disamping itu, coba untuk memijat kulit kepala secara lembut saat keramas. Pakai kondisioner di bagain tengah sampai ujung rambut. Tidak boleh aplikasikan kondisioner di bagaian kulit kepala karena bisa menyebabkan produksi minyak berlebih.

Tidak boleh terlalu sering menyentuh rambut

Tahukah kamu bila sering menyentuh rambut bisa menstimulasi kelenjar aktif dalam mmproduksi minyak? Disamping itu, menyentuh rambut terus-terusan bisa mengakibatkan rambut menjadi lebih kotor. Karena debu dan kotoran yang ada di tangan bisa beralih ke rambut saat kamu menyentuhnya. Tidak hanya itu, hindari menggaruk kulit kepala terlalu berlebih karena bisa menyebabkan iritasi di kulit kepala.

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Setiap makanan yang kita makan mempunyai pengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Begitupun untuk rambut. Misalnya saat kamu mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, maka tidak akan menghasilkan racun dan minyak berlebih melalu kulit kepala. Oleh karena itu, pentingnya memerhatikan kandungan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Kamu bisa coba konsumsi buah alpukat untuk kesehatan rambut. Bisa juga konsumsi sayur yang bagus bagi detoksifikasi tubuh secara alami.

Lakukan perawatan rambut dengan rutin

Selain memperhatikan makanan yang kita konsumsi, cara lainnya untuk menangani minyak berlebih di kulit kepala dengan melakukan perawatan teratur. Kamu bisa coba beberapa perawatan rambut seperti mencoba memakai masker rambut atau mencoba beberapa perawatan hair spa khusus untuk rambut berminyak. Lakukan perawatan dengan teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Itu beberapa penyebab kulit berminyak dan tips cara mengatasinya. Bila beragam cara sudah kamu lakukan tetapi kulit kepalamu tetap berminyak, maka kamu bisa coba lakukan beberapa perawatan khusus di salon langgananmu.