Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan 4 Minuman Tradisional Ini!

  • 2 min read
  • Jul 19, 2021

Jabanjia.com – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, memaksakan kita untuk selalu mawas pada kesehatan. Bukan hanya fisik, tetapi juga mental seluruh anggota keluarga. Satu diantaranya dengan jaga daya tahan tubuh supaya bisa melawan virus atau hal yang lain.

Daya tahan tubuh bisa tetap terjaga dengan rajin olahraga lalu konsumsi makanan bergizi serta sehat. Tidak hanya itu, cara lain yang bisa kamu kerjakan untuk jaga daya tahan tubuh dengan konsumsi minuman kaya manfaat yang dapat ditemukan dengan mudah di dalam rumah.

Apa minuman tradisional yang bisa tingkatkan imunitas tubuh? Berikut rekomendasinya!

1. Wedang Jahe

Jahe sebagai salah satu bumbu dapur yang mudah ditemui. Jahe biasa dipakai untuk bumbu masak dan penghilang bau amis pada daging ayam atau sapi. Bumbu rempah ini juga bisa dipakai untuk bahan minuman sehat, yaitu wedang jahe. Cara membuat wedang jahe benar-benar mudah.

Sahabat Jabanjia  perlu mempersiapkan air, jahe bakar, kayu manis, sereh, daun pandan, dan kapulaga untuk direbus sampai mendidih. Selanjutnya ditambah lagi dengan gula jawa dan dimasak dengan api sedang. Wedang siap minum bila air telah berkurang seperempat sampai setengah sisi. Jangan lupa untuk disaring supaya membantu saat meminumnya ya!

2. Kunyit Asam

Dikutip dari Detik Health, menurut warta penelitian dan pengembangan tanaman industri volume 19 No 2 (Dinas Pertanian Republik Indonesia), kunyit bukan hanya berfungsi sebagai bumbu dapur. Tetapi, bisa juga digunakan sebagai obat tradisional. Senyawa didalamnya berbentuk kurkuminoid dan minyak atsiri yang berperan sebagai antioksidan, antitumor dan antikanker.

Rempah ini bisa dibuat jadi kunyit asam yang bisa tingkatkan kekebalan. Proses pengerjaan kunyit asam diawalnya dengan memarut atau memblender kunyit yang sudah dikupas. Sesudah dikasih sedikit air, kamu bisa memerah airnya, selanjutnya direbus dengan tambahan gula dan asam jawa.Lalu masak sampai mendidih dan siap dihidangkan.

3. Wedang Sereh

Sereh sebagai rempah yang memiliki banyak manfaat. Sama seperti yang dilansir dari Detik Health, sereh dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan ginjal, kandung kemih dan fungsi hati. Sereh bisa juga turunkan kadar koleterol jahat, turunkan demam, gejala flu, sampai mencegah stres karena sifat antidepresan.

Sereh bisa dibuat jadi wedangan yang menghangatkan tubuh. Sahabat Jabanjia bisa mengeprek bahan lebih dulu saat sebelum direbus ya!

4. Wedang Uwuh

Pernah dengar wedang uwuh? Dalam bahasa Jawa, minuman ini mempunyai makna minuman sampah. Ini karena bahan yang diperlukan cukup banyak. Dimulai dari gula batu, daun cengkih, kayu secang, jahe merah, kayu manis dan air. Bahan itu diolah dengan cara direbus sampai mendidih. Selanjutnya disaring saat sebelum dihidangkan.

Beruntungnya Indonesia kaya akan tanaman bermanfaat, termasuk rempah-rempah. Bukan hanya bisa dipakai untuk masakan, rempah itu juga bisa dipakai untuk membuat minuman tradisional yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Bagaimana, Sahabat Jabanjia sudah coba belum?