Cara Mengatasi Overthinking dan Masalah Tak Penting di Malam Hari

  • 2 min read
  • Jul 16, 2021

Jabanjia.com – Overthinking merupakan sebuah perasaan cemas berlebihan yang mengganggu pikiran. Umumnya datang karena penyesalan masa lampau atau kekhawatiran pada masa datang. Kamu perlu hati-hati, Sahabat Jabanjia. Perasaan cemas yang tidak segera ditangani ini bisa jadi penyebab stres.

Tidak jarang, kamu pun akan merasakan pola tidur kurang sehat saat pikiran terus diliputi kekhawatiran. Diambil dari detikHealth, menurut dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS SILOAM Bogor, masalah pada pola tidur berpengaruh pada psikologis yang dipacu oleh depresi, cemas, dan stres.

Cara menangani overthinking saat sebelum tidur bisa dilakukan dengan mencari apa sumber kekhawatiran yang mengganggu. Disamping itu, perlahan menggantinya dengan energi positif, supaya kesehatanmu tetap terjaga. Mulai kerjakan ini setiap kali pikiranmu susah dikendalikan, ya:

Ceritakan Perasaanmu

Kamu perlu memberikan validasi dalam diri sendiri, Sahabat Jabanjia. Katakan apa yang telah mengganggu belakangan ini. Tidak jarang rasa cemas datang karena waktu yang dihabiskan seorang diri. Memendam hati secara terus-terusan bisa mengakibatkan kelelahan psikis.

Selain berjumpa orang lain, bercerita perasaan juga bisa kamu lakukan lewat catatan harian. Jadikan catatan sebagai media bercerita yang selalu menemani tiap perasaan cemas datang mengganggu.

Cara menangani overthinking saat sebelum tidur ini adalah salah satu proses healing yang dapat membantu menurunkan kecemasan. Menuliskan satu persatu kekhawatiran akan membuat kamu lebih lega juga.

Alihkan Aktivitas

Berdiam diri di atas tempat tidur bukannya meningkatkan energi, tetapi justru mendatangkan overthinking? Mungkin ini waktunya kamu mengalihkan dengan kegiatan menyenangkan. Overthinking bisa datang tiba-tiba hanya karena kamu tidak paham harus berbuat apa.

Mendengarkan musik favorit atau menonton serial drama yang seru bisa jadi pilihan. Bukannya tidak menghargai apa yang kamu pikirkan, tetapi meredakan kekhawatiran dengan mengalihkan pada aktivitas membahagiakan sebagai salah satu proses healing.

1. Strategi Bisa Tidur Nyenyak Berikutnya

Lakukan Relaksasi

Sebelum pergi tidur, kamu bisa lakukan relaksasi supaya overthinking tidak terus-terusan mengganggu. Selain melakukan bersama tenaga professional, relaksasi bisa juga dilakukan seorang diri. Saat ini sudah banyak aplikasi digital yang membantumu lakukan relaksasi sendiri dari rumah, Sahabat Jabanjia.

Mendengarkan musik bisa juga menjadi salah satu aktivitas relaksasi, lho. Kamu bisa pilih irama dengan alunan perlahan yang dapat membantu menurunkan kerumitan dalam pikiran. Dengarkan lagu sembari tiduran pada tempat tidur sebelum istirahat bisa dicoba.

Mulai Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat umumnya jadi jawaban dari banyak hal, Sahabat Jabanjia. Memperbaiki rutinitas menjadi lebih baik memang sangat membantu untuk memperoleh hidup lebih berkualitas. Hal sederhana yang seharusnya tidak kamu tinggalkan adalah konsumsi makanan sehat dan olahraga.

Olahraga akan membantu meningkatkan hormon kebahagiaan, seperti dopamin, endorfin, dan serotonin . Maka, tidak heran jika rasa capek setelah olahraga berhasil tergantikan dengan energi positif, karena perasaan senang. Ketiga hormon itu akan membuat kamu lebih santai menjelang istirahat.

Diambil dari detikHealth, menurut dr Pande Putu Mahendra M GK, SpGK, dokter spesialis gizi dari Indonesia Sport Medicine Centre, mengungkap jika porsi makan yang kurang dari kebutuhan bisa menimbulkan seseorang bangun pada malam hari dan merupakan kebiasaan yang buruk untuk kesehatan.

Bangun di tengah malam saat perut terasa kosong akan menyebabkan gangguan tidur secara terus menerus. Jam malam yang sunyi itu pada akhirnya rentan mempertemukanmu lagi dengan perasaan cemas yang datang secara mendadak.