Cara Memilih Micellar Water untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

  • 3 min read
  • Jul 31, 2021

Jabanjia.com – Sebagian cewek ada yang menggunakan makeup tiap hari untuk melakukan aktivitas. Entah makeup minimalis yang alami, atau justru make up yang cenderung tebal. Tentu saja, tiap selesai melakukan aktivitas, make up tersebut perlu dibersihkan dengan baik supaya kamu bisa memakai produk skincare yang lain dan membuat kulit tetap sehat. Nah, untuk bersihkan make up, sekarang ini ada produk berupa micellar water yang efisien untuk bersihkan make up dan kotoran di muka dalam sekali usap. Khusus untuk kamu yang mempunyai tipe kulit acne prone, tentu saja perlu memakai produk micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Tetapi sebelum membahasnya lebih lanjut, pahami dulu yuk tentang micellar water.

Micellar water dan manfaatnya

Micellar water adalah air yang dimurnikan dan mengandung pelembap, serta partikel minyak super kecil yang disebut misel (micelles). Micelles ini jadi molekul yang bisa menempel pada kotoran dan minyak di satu sisi, dan sisi lain menempel di air. Tidak heran jika micelles ini bisa bersihkan muka sekaligus memberikan hidrasi. Lalu, apa ya manfaat micellar water ini?

Membersihkan minyak dan kotoran

Kandungan misel dalam micellar water bisa mengangkat minyak, make up, dan kotoran di wajahmu dengan baik lho, maka dari itu kulit menjadi lebih bersih. Make up waterproof yang cenderung susah dibersihkan lebih mudah dihapus dengan micellar water.

Melembapkan kulit muka

Selain mempunyai manfaat utama untuk bersihkan kulit muka, micellar water bermanfaat untuk melembapkan kulit. Hal ini karena produk ini biasanya memiliki kandungan gliserin yang berperan untuk melembapkan kulit, melawan iritasi, dan percepat pemulihan luka.

Bermanfaat sebagai toner

Kadang-kadang, ada juga lho produk micellar water yang sekalian mempunyai fungsi sebagai toner. Maka dari itu kamu jadi lebih hemat dalam beli produk skincare deh.

Mempunyai manfaat tambahan untuk kulit

Manfaat tambahan dari micellar water tentu saja tergantung pada kandungan produk tersebut. Contohnya saja, micellar water yang diperkaya dengan Centella asiatica atau green tea sanggup memberikan efek calming sekaligus bersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Lantas ada juga yang mempunyai kandungan niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan lain-lain.

Tips pilih micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat

Bila kamu mempunyai jenis kulit yang berminyak dan acne prone, maka pilih micellar water tidak dapat dilakukan asal-asalan lho. Bila salah pilih, bisa jadi kulitmu justru mengalami iritasi, atau permasalahan jerawat jadi semakin parah. Karena itu, baca yuk tips berikut ini.

a. Pilih produk yang tidak mengandung bahan iritan

Kadang-kadang, kulit yang alami masalah jerawat menjadi sensitif lho. Oleh karena itu, tips pertama saat menentukan micellar water untuk kulit berjerawat adalah hindari produk yang mempunyai kandungan bahan iritan. Bahan penyebab iritasi itu di antaranya alkohol, sabun, paraben, parfum, pewarna, dan lain-lain. Kamu bisa pilih produk yang mempunyai label hypoallergenic agar lebih aman untuk kulitmu dan mencegah jerawat supaya tidak makin parah.

b. Pilih produk yang mempunyai kandungan untuk mengatasi jerawat

Dalam memilih micellar water yang aman untuk kulit berjerawat, kamu juga bisa memakai produk yang mempunyai kandungan antiperadangan, antiseptik alami, dan zat yang berfungsi sebagai calming kulit. Zat-zat tersebut diantaranya adalah gliserin, lidah buaya, panthenol, green tea, witch hazel, dan lain-lain.

c. Pilih produk yang non-comedogenic dan non-acnegenic

Karena kamu mempunyai tipe kulit berminyak, penting juga lho untuk pilih micellar water yang formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic. Dengan begitu, kandungan dalam micellar water tersebut tidak akan beresiko menyumbat pori yang akan makin memperparah jerawat.

d. Pilih produk yang sanggup melembapkan muka sekalian mengatur minyak berlebihan

Tips pilih micellar water untuk kulit berminyak selanjutnya adalah pilih produk yang sanggup melembapkan wajah sekaligus bisa mengatur minyak berlebihan. Nah, kandungan-kandungan dalam skincare yang mampu memiliki fungsi tersebut diantaranya hyaluronic acid, salicylic acid, niacinamide, glycolic acid, witch hazel, dan lain-lain.

e. Stop pemakaian suatu produk jika kulit mengalami iritasi

Tidak semua produk micellar water yang aman sekalipun bisa cocok di kulitmu lho, Jialovers. Oleh karena itu, pilih produk secara selektif. Bila perlu, lakukan patch test lebih dulu. Tidak hanya itu, bila kamu terlanjur memakai suatu produk akan tetapi ternyata kulit mengalami iritasi, breakout, atau malah jerawat semakin parah, kamu bisa hentikan pemakaian produk tersebut.

Jangan lupa untuk terus melihat beberapa ulasan suatu produk dari sumber yang paling dipercaya. Entah dari beauty influencer atau dari pengguna sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa memperhitungkan lebih matang apa akan pilih produk tersebut atau tidak.

Bagaimana? Mudah ‘kan cara memilih micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat?