Cara Elegan Menghadapi Teman yang Toxic

  • 2 min read
  • Jan 11, 2022

Resepspesial.com – Berada di lingkungan pertemanan, pasti Anda akan menghadi berbagai macam karakter dan sifat yang beragam. Meski hal itu bisa Kita terima atau tidak, apabila Anda merasa cocok dengan teman Anda, kemungkinan besar akan menjadi sahabatmu, namun bila tidak akan hanya menjadi teman biasa.

 

Berapa lama menjali hubungan pertemanan tidak bisa menjamin bahwa Anda akan mengetahui keseluruhan karakter dan sifat dari teman Anda. Bisa saja tiba-tiba Anda mengetahui sifat aslinya.

Oleh karena itu, hal ini bisa saja terjadi apabila Anda berada di lingkungan pertemanan yang toxic, sehingga membuatmu merasa tidak nyaman. Selain itu membuatmu mudah stres apabila berada di dekatnya. Teman yang toxic umumnya meraka akan bersaing dengan mu dan mereka juga membuat Anda berubah,

Salah satu tanda yang sering terjadi adalah mereka bisa menusukmu dari belakang. Apabila mereka ada di dekatmu ia akan sangat baik, namun ketika tidak bersamamu, maka Anda bisa jadi dijelekkan. Ada baiknya apabila Anda mengindari teman yang memiliki sifat tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi teman toxic.

Membatasi Interaksi

Apabila Anda merasa memiliki teman yang toxic, alangkah baiknya Anda membatasi interaksi bersamanya. Aturlah waktu supaya Anda tidak terlalu sering berjumpa dengannya. Anda juga bisa sesekali bertemu untuk menjadi relasi. Apabila Anda merasa terbebani ketika berdapan dengan hal negatif darinya, sebaiknya Anda menghindari dan jangan biarkan Anda dirugikan.

Jangan Terbawa Emosi

Ketika Anda sedang dihadapkan dengan teman yang toxic, sebaiknya tahan dulu untuk ingin membalas perbuatannya. Apabila Anda terbawa emosi untuk membalasnua Anda akan sama saja seperti temanmu yang toxic. Tahan emosimu bila suda tenang bisa pergi untuk menjauinya.

Pergi Saat Membahas Topik Negatif

Ketika Anda berjumpa dengannya dan ia mulai membahas tentang hal negatif sebaiknya Anda hindari atau segera pergi menjauh dari temanmu. Anda bisa mengatasinya dengan car berpura-pura mengangkat telepon atau pergi ke kamar mandi. Hal ini harus Anda lakukan untuk menghindari banyak drama dan Anda berhak mendaptkan teman yang baik.

Minta Pendapat Orang Lain

Ketika Anda ingin memastikan apakah temanmu memiliki sifat toxic, Anda bisa minta pendapat orang lain mengenai hal tersebut, bukan berarti membicarakannya di belakang. Namun untuk memastikan apakah benar atau tidak yang sedang Anda rasakan. Dengan mengetahui pendapat orang lain, hal ini bisa jadi pertimbangan yang baik dan matang.

Belajar untuk Tegas

Hal yang harus Anda lakukan adalah berusaa untuk bersikap lebih tegas. Belajar lebih tegas ketika akan melakukan hal negatif serta obrolan negatif. Apabila Anda merasa tidak enak, coba hilangkan perasaan tersebut.

Berani Mengatakan Tidak

Memang bukan pekara yang mudah mengatakan tidak. Namun hal ini bisa jadi boomerang bagi Anda, sehingga Anda perlu mengatakan tidak. Apabila Anda sudah melakukan berualang kali maka Anda akan terbiasa nantinya.

Itulah beberapa cara elegan untuk mengatasi teman yang toxic. Menghadapi teman yang toxic bukanlah hal yang mudah, namun Anda harus kuat mental supaya tidak terpengaruh dengannya.