Cara Eksfoliasi Wajah yang Berjerawat? Perhatikan Tips dan Cara Ini!

  • 2 min read
  • Jul 06, 2021

Jabanjia.com – Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan yang sering memengaruhi penampilan kita. Butuh perawatan extra daripada kulit yang sehat, bahkan untuk eksfoliasi juga model kulit berjerawat harus pikirkan resiko dan cara yang pas terlebih dahulu.

Eksfoliasi dilakukan untuk mencegah jerawat. Tapi, apakah eksfoliasi aman dilakukan kulit berjerawat? Ketahui, yuk.

Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Eksfoliasi pada Wajah Berjerawat

Pakar Dermatologis dari Dennis Gross Skincare yaitu dr. Denis Gross, mengatakan jika eksfoliasi pada kulit berjerawat bisa dilakukan namun dengan aturan.

Menghindari Eksfoliasi yang Terlalu Sering

Berharap memiliki kulit bersih dan mulus tanpa jerawat, nyatanya melakukan eksfoliasi terlalu sering justru hanya akan jadikan kulit kering, menghalangi pori-pori, menghasilkan minyak berlebih sampai memperbanyak bahkan memperparah jerawat tersebut.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan seorang dokter kulit bersertifikat di San Diego, Melanie Palm, dia mengatakan jika eksfoliasi terlalu berlebih mengakibatkan effect jangka pendek, diikuti dengan kemerahan, gatal, nyeri, sampai menimbulkan bercak seperti eksim.

Maka cara yang tepat, kita cukup melakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu. Sesudah pengelupasan dilakukan, gunakan pelembab dan tabir surya.

Tidak boleh Pakai Scrub untuk Eksfoliasi

Sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori kulit dan jadi penyebab jerawat bisa ditangani dengan eksfoliasi. Tidak hanya itu, eksfoliasi bisa melembutkan dan membuat cerah kulit wajah secara menyeluruh.

Tidak mudah untuk wajah berjerawat, karena berisiko bila eksfoliasi dilakukan dengan keras dan terlalu sering. Physical exfoliation atau yang dikenal dengan eksfoliasi fisik seperti scrub wajah dapat beresiko merusak kulit dan mengakibatkan microtears yang mana bakteri dan patogen gampang masuk.

Nah, eksfoliasi fisik memakai scrub yang kasar dan keras biasanya bisa mengakibatkan peradangan sampai iritasi. Sehingga, penting untuk kita pilih cara untuk eksfoliasi yang tepat.

Gunakan Chemical Peeling

Pakai chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia, seperti toner atau cairan yang mempunyai kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA). dr. Dennis Gross mengatakan, jika kedua kandungan tersebut jadi pilihan yang aman untuk jenis kulit berjerawat.

Bila kita memiliki jenis kulit yang berjerawat, jadi tidak boleh asal-asalan lakukan eksfoliasi ya, Hal ini karena malah akan memperparah keadaan jerawat sampai menimbulkan iritasi. Lakukan eksfoliasi dengan hati-hati.

Hal yang penting untuk kita lakukan adalah menghindari penggunaan alat eksfoliasi reusable, karena bisa jadi media berkumpulnya bakteri yang justru bisa memicu timbulnya jerawat baru.