Cara Atasi Penyakit Lupus dari Rumah

  • 2 min read
  • Jul 30, 2021

Jabanjia.com – Begitu banyaknya penelitian tentang penyakit lupus membuat kita bertanya apakah sebenarnya ada obat yang bisa menyembuhkan lupus untuk selamanya? Dikutip dari HelloSehat, lupus dikatakan sebagai penyakit autoimun di mana prosedur kekebalan tubuh kita menyerang organ tubuh yang sehat. Pemicu penyakit lupus pun sampai saat ini belum juga ditemui. Tetapi, penyebab utamanya adalah faktor lingkungan, genetik, hormon, konsumsi obat-obatan, dan sebagainya.

Gejala lupus kerap kali datang mendadak hingga mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Gejalanya beragam pada tiap individu, tergantung dengan organ tubuh yang terkena. Biasanya berkembang secara perlahan-lahan, gejala lupus mulai datang dari ringan sampai kronis. Ada tiga gejala umum yang diakibatkan ketika seseorang mengalami lupus:

  • Ruam kulit: biasa terjadi di wajah, tangan, dan pergelangan tangan yang terasa gatal dan nyeri.
  • Nyeri sendi: tampak pada sendi tangan dan kaki yang biasanya akan memburuk saat pagi hari.
  • Mudah lelah: lelah berat meskipun tidak melalukan kegiatan yang menggunakan tenaga.

Menjawab pertanyaan awal, penyakit lupus pada intinya tidak bisa sembuh. Tetapi, bisa diobati untuk meringankan gejala yang muncul, mencegah kambuhnya penyakit, sampai meminimalkan resiko kerusakan pada organ.

Dikutip dari Alodokter, pilihan obat dan cara penyembuhannya untuk setiap orang berbeda dan bisa berubah tergantung dari tingkat keparahan penyakit jadi harus disesuaikan. Walau demikian, berikut adalah cara umum kita bisa mengatasi lupus di rumah dimulai dari pemberian obat-obatan sampai perubahan pola hidup:

Rutin Mengkonsumi Obat yang Diresepkan oleh Dokter

Penyakit lupus harus diobati dengan konsultasi ke dokter. Dokter adalah orang yang paling mengetahui tindakan dan obat apa yang terbaik untuk pasien. Hindari mencari tahu sendiri obat yang dibutuhkan karena tiap orang mempunyai keadaan kesehatan yang berbeda. Dengan demikian, obat dan dosis juga harus disesuaikan. Jadi, konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyembuhan yang diperlukan adalah cara terbaik yang dapat kamu lakukan.

Perubahan Gaya Hidup

Karena lupus adalah penyakit jangka panjang yang gejalanya bisa muncul dan hilang sewaktu-waktu, seorang yang menderita lupus diminta menjalani peralihan gaya hidup selain pemakaian obat yang disarankan oleh dokter. Peralihan gaya hidup menegaskan jika penyembuhan lupus akan berjalan efektif seiring berjalannya waktu.

Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah:

  • Rajin olahraga beberapa kali dalam seminggu untuk jaga kekuatan tulang dan otot
  • Tidur cukup tiap hari dan sering istirahat di tengah-tengah kegiatan yang padat
  • Mengadopsi pola makan yang sehat dengan perbanyak sayur, buah dan biji-bijian utuh
  • Konsumsi multivitamin, seperti vitamin D atau suplemen kalsium (sesuai saran dokter)
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sering memakai sunscreen saat melakukan aktivitas di luar ruangan
  • Berhenti merokok dan konsumsi alkohol