Berhubungan Seks Kok Jadi Sakit Kepala? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

  • 2 min read
  • Jul 15, 2021

Jabanjia.com – Sakit kepala seks biasanya disebabkan karena aktivitas seksual, khususnya orgasme. Sahabat Jabanjia mungkin merasakan sakit di leher dan kepala yang menumpuk saat nafsu seksual bertambah. Atau, yang lebih umum, kamu mungkin mengalami sakit kepala parah yang mendadak sebelum atau selama orgasme.

Walau demikian, sakit kepala karena seks tak perlu dikhawatirkan. Karena ini adalah hal yang biasa terjadi. Tetapi, ada beberapa bisa jadi tanda suatu hal yang serius, seperti permasalahan dengan pembuluh darah.

Gejala Sakit Kepala Seks

Umumnya, ada dua jenis sakit kepala seks:

  1. Sakit tumpul di leher dan kepala yang meningkat saat gairah seksual meningkat
  2. Sakit kepala yang mendadak, parah, dan berdenyut yang terjadi saat sebelum atau ketika orgasme

Pada beberapa orang, kedua tipe sakit kepala ini bisa terjadi secara bersamaan. Disamping itu, biasanya sakit kepala seks terjadi setidaknya beberapa menit. Sebagian orang mungkin mendapatkannya agak lebih lama, seperti berjam-jam atau bahkan dua sampai tiga hari.

Kapan Harus ke Dokter?

Sakit kepala seks umumnya tak perlu dikhawatirkan. Tapi konsultasikan dengan dokter segera bila Sahabat Jabanjia alami sakit kepala selama aktivitas seksual – terutama jika itu diawali secara tiba-tiba.

Penyebab Sakit Kepala Seks

Pada intinya semua jenis aktivitas seksual yang mengarah ke orgasme bisa menyebabkan sakit kepala. Tetapi, berikut ini adalah banyak hal yang mungkin jadi penyebab sakit kepala seks pada sebagian besar orang:

  • Pelebaran atau gelembung pada dinding arteri dalam kepala (aneurisma intrakranial)
  • Hubungan abnormal antara arteri dan vena di otak (malformasi arteriovenosa)
  • Pendarahan ke dinding arteri yang ke arah otak (diseksi)
  • Stroke
  • Penyakit arteri koroner
  • Penggunaan beberapa obat, seperti pil KB
  • Peradangan dari infeksi tertentu

Namun, waspadai sakit kepala seks yang berkaitan dengan kehilangan kesadaran, muntah, leher kaku, gejala neurologis yang lain, dan nyeri parah yang berlangsung lebih dari 24 jam. Coba tanyakan ke dokter bila kamu alami ini.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang sakit kepala seks. Mudah-mudahan informasi ini berguna dan bisa membantumu menangani masalah sakit kepala saat seks supaya Sahabat Jabanjia bisa lebih menikmati momen intim bersama dengan suami tanpa terganggu rasa sakit.