6 Tips Mencari Pasangan di Usia 30-an, Jangan Buang Waktu!

  • 2 min read
  • Jul 12, 2021

Jabanjia.com – Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan cinta sejati, banyak yang bilang jika cari pasangan saat sebelum berumur 30 tahun. Karena banyak orang merasa umur 30 tahun ke atas sudah telat untuk mendapatkan cinta. walau sebenarnya ,tidak ada aturan tertentu yang mewajibkan kita cari pasangan saat sebelum berumur 30 tahun.

Memang, jatuh cinta di usia 30-an akan berbeda saat masih berusia 20-an. Kamu akan semakin dewasa dan berpengalaman dalam urusan kehidupan di usia 30-an.

Atau, barangkali kamu justru mendapatkan rintangan atau kesusahan ketika mencari cinta di umur 30-an? Dikutip dari Womantalk, berikut adalah enam cara atau tips mencari cinta untuk kamu yang telah berusia 30-an.

1. Pahami Apa yang Kamu Mau

Tidak boleh kamu berpikiran mencari pasangan karena sebuah kewajiban atau tekanan dari orang sekeliling. Pertama-tama, kenali dulu apa yang kamu cari atau harapkan dari sebuah jalinan yang akan kamu lalui.

Tidak boleh bersikap pasrah atau menerima siapa yang ingin denganmu. Tidak boleh mamaksakan hal yang kamu tidak sreg, karena nantinya akan kamu jalani dengan setengah hati.

2. Tinggalkan Masa Lalu

Sering kali seseorang kesusahan mendapatkan pasangan adalah karena masa lalu yang menghantui. Tinggalkan masa lalu dan cepatlah move on.

Kamu tak perlu membandingkan dengan dia yang sudah berakhir, atau masih terpaku dengan mantan. Melihat dari masa lalu itu boleh, tetapi jika keterusan tidak bagus.

3. Buka Hati dan Pikiran

Karena mengalami patah hati di masa lalu, sering seseorang akan menutup pintu hati dan pikirannya. Coba untuk membuka dan terima pengalaman atau kesempatan yang baru.

Kamu tidak boleh terlalu kaku dan menutup pintu hati rapat-rapat. Punya kriteria tersendiri adalah hal yang wajar, tetapi perlu pikiran realistis ya.

4. Fokus Pada yang Kini Kamu Nikmati

Di umur 30-an, mungkin kamu sudah mempunyai rencana tersendiri untuk masa datang. Oleh karena itu, coba untuk fokus di saat ini.

Tidak boleh terburu-buru untuk memikirkan masa depan dengan calon pasangan, apalagi baru PDKT. Kenali dulu dirinya, dan nikmati momen yang sekarang kamu rasakan.

5. Percaya pada Intuisi

Meskipun kamu harus santai, kamu perlu mengikuti kata hati. Bila kenalan atau gebetan yang kamu dekati membuat kamu mnerasa buang-buang waktu, pilihan meninggalkannya juga bisa kamu ambil.

Tidak boleh terlalu lama menghabiskan waktu dalam sebuah hubungan yang tidak ada tujuannya. Ini berlaku untuk kamu yang merasa salah atau mungkin tidak pas dalam menjalin hubungan dengan seseorang. Kamu tahu yang terbaik untukmu dan yakin pada intuisimu.

6. Usia Bukan Segalanya

Berbagai tips mencari cinta di atas tidak bermanfaat jika kamu masih memikirkan bahwa umur adalah segalanya. Tidak boleh menjadikan usia sebagai hambatan untuk mencari pasangan.

Buang jauh-jauh perasaan minder karena usia yang sudah kepala tiga. Umur bukan penghalang dalam melangkah, aplagi dalam hal cinta.

Untuk kamu yang kesulitan mencari pasangan hidup di usia 30-an, semangat dan jangan putus asa ya. Jodohmu masih menanti di luar sana lho.