6 Tanaman Hias Bisa Bantu Kamu Redakan Batuk hingga Masalah Pernapasan

  • 2 min read
  • Jul 18, 2021

Jabanjia.com – Sebagai pengalihan energi di masa pandemi sekaligus pilihan untuk mengisi waktu senggang, mengoleksi tanaman hias adalah salah satu yang bisa Sahabat Jabanjia andalkan. Telah banyak penelitian yang mengatakan jika aktivitas berkebun menjadi stress release.

Selain untuk mempermanis panorama, beberapa tanaman hias punya peran lebih. Ada yang bisa digunakan untuk memasak, ada pula yang punya manfaat khusus untuk kesehatan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya memelihara tanaman hias tersebut yang mungkin bisa bermanfaat saat Sahabat Jabanjia sedang sakit. Untuk Sahabat Jabanjia yang khawatir terkena COVID-19 atau diserang batuk sampai memiliki masalah pernafasan yang pasti membuat daya tahan tubuh menurun, yuk coba rawat deretan tanaman hias di bawah ini.

Deretan tanaman hias di bawah bisa membantu Sahabat Jabanjia menurunkan gejala batuk, pilek, dan permasalahan kesehatan yang lain.

1. Cocor Bebek

Tanaman hias kalanchoe pinnata atau yang lebih dikenali dengan nama cocor bebek mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Satu diantaranya tentu bisa menurunkan pilek dan batuk.

Daun cocor bebek diyakini bisa membantu menurunkan batuk, flu, sampai nyeri dada karena memiliki sifat antibakteri, antivirus, antimikroba, dan antijamur. Sahabat Jabanjia perlu memetik daunnya selanjutnya menjadikannya smoothies.

2. Kembang Sepatu

Tanaman hias yang lain bisa bantu redakan batuk adalah kembang sepatu. Tanaman hias yang datang dari Asia Timur ini sering dipakai sebagai obat tradisional untuk mengobati beragam penyakit.

Kembang sepatu memiliki kandungan cyanidin diglucoside, teraxeryl acetat, sampai hibisetin. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan jika kembang sepatu bisa membantu turunkan tekanan darah, meredakan batuk, TBC, keputusan, radang usus sampai memperlancar haid.

3. Sirih

Tanaman sirih yang rimbun akan cantik sekali menghijaukan halaman rumah Sahabat Jabanjia. Selain menyembuhkan keputihan, sakit jantung, sampai alergi, sirih membantu menurunkan gejala batuk.

Daun sirih yang direndam atau direbus lalu diminum airnya bisa umum dijadikan obat batuk, Sahabat Jabanjia. Tanaman hias ini memiliki kandungan minyak asiri seperti kadinen, kavikol, sineol, eugenol, kariofolen, karvakrol, terpinene, sampai seksuiterpen.

4. Lidah Mertua

Snake plant atau lidah mertua jadi tanaman hias yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Yang paling penting adalah bermanfaat sebagai air purifier alami.

Tanaman hias ini dikenali sebagai pembersih udara karena mampu singkirkan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, sampai toluene. Lidah mertua hasilkan oksigen pada malam hari.

Dengan menjaga snake plant di dalam rumah maka bisa membantu membuat Sahabat Jabanjia lebih sehat terutama jika punya permasalahan pernafasan. Bahkan juga dianjurkan di letakkan dalam kamar tidur supaya sirkulasi udara dalam kamar lebih bagus.

5. Pakis Boston

Pakis boston menjadi bisa dimanfaatkan sebagai humidifier, Sahabat Jabanjia. Karenanya tanaman hias ini bisa menyaring udara kotor di rumah Sahabat Jabanjia.

Pakis boston juga dipercaya punya manfaat kesehatan seperti mencegah kulit kering, sakit tenggorokan, sampai menurunkan batuk kering.

6. Eucalyptus

Tanaman eucalyptus adalah tanaman yang paling wangi sehingga minyaknya sering dipakai dalam lotion, minyak wangi, dan kosmetik. Eucalyptus ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan disinfektan spray yang bisa membunuh virus dan kuman secara menyeluruh, seperti kuman yang menempel di permukaan benda maupun berterbangan.

Seperti Shirudo Lab Disinfektan Spray yang punya kandungan Eucalyptus Oil yang membunuh kuman dan virus. Selain itu Shirudo lab bisa digunakan pada benda permukaan halus maupun benda kasar, dan cara pakai shirudo lab sangat mudah, tidak harus menunggu kering untuk bisa menggunakan disinfektan spray ini.

Tanaman hias eucalyptus dipercaya bisa membantu menurunkan gejala ringan pasien yang terindikasi COVID-19. Hal itu juga sudah diuji oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan).