5 Pandangan Keliru Tentang Diet yang Tak Perlu Dilakukan Lagi

  • 2 min read
  • Jul 09, 2021

Jabanjia.com – Diet tentu saja sebagai istilah yang udah sering didengar, kan? Tak sedikit perempuan yang mencoba beragam cara untuk melakukannya. Walau bukan hal yang asing, namun ada banyak ditemukan pandangan salah soal diet. Pandangan yang salah soal diet ini ada baiknya diluruskan, Sahabat Jabanjia. Agar diet yang kita lakukan memberikan hasil optimal.

Nah, kurang lebih apa ya, salah paham tentang diet yang dipercayai banyak orang? Yuk, baca 5 salah satunya, Sahabat Jabanjia!

Diet Hanya untuk Menurunkan Berat Badan

Ini adalah pandangan keliru masalah diet yang sangat banyak dipercayai. Walau sebenarnya, diet bukan hanya mengontrol pola makan untuk menurunkan berat tubuh. Mengutip dari detikHealth, menurut salah satu pakar nutrisi yaitu Leona Victoria Djajadi, APD, diet mempunyai makna yang luas.

“Kata diet dalam Bahasa Inggris itu maknanya pengaturan pola makan karena sebetulnya ada berbagai macam diet. Misalnya di sini adalah renal diet (untuk pasien penyakit ginjal), diabetes diet, dan yang biasanya adalah weight-loss diet,” kata Victoria. Selanjutnya, Victoria menambahkan jika istilah diet bisa juga mengarah pada tipe pembagian sumber kalori. Misalnya seperti high protein-low fat diet, low GI diet, dan sebagainya.

Maka diet tidak hanya menurunkan berat tubuh saja ya, Sahabat Jabanjia. Kenyataannya, diet untuk menurunkan berat badan hanya satu dari sekian banyak tipe diet.

Makanan Berlemak adalah Musuh Orang yang Diet

Saat jalankan diet, ada banyak yang berasumsi jika semua makanan banyak mengandung lemak harus dijauhi. Kenyataannya, justru ada lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk jalankan diet yang sehat, lho.

Dikutip dari Huffington Post, ahli nutrisi Zoey Bingley-Pullin menjelaskan jika ada jenis lemak sehat yang diperlukan tubuh, misalnya lemak esensial. Dia merekomendasikan ketimbang menghindari lemak, lebih bagus mempelajari jenis-jenis lemak yang bagus untuk tubuh dan berapa banyak porsi yang idealnya kita konsumsi.

Bila sedang Diet, Tidak Perlu Sarapan

Untuk kurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh, cukup banyak yang memilih melewati sarapan. Cara ini kurang benar, karena sama seperti yang dikutip dari WebMD, orang yang melewati sarapan cenderung terdorong untuk makan semakin banyak pada siang hari. Tidak hanya itu, riset menunjukkan jika mereka yang rutin sarapan memungkinkan untuk memperoleh berat tubuh yang ideal.