5 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Sedang Program Hamil

  • 2 min read
  • Jul 07, 2021

Jabanjia.com – Setiap pasangan pasti umumnya ingin memiliki buah hati. Tetapi sayangnya, tidak semua orang dapat dengan mudah mendapatkan momongan. Oleh karena itu, tidak sedikit pasangan yang perlu jalani program hamil. Lakukan program hamil pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada larangan-pantangan yang perlu dihindari agar program itu bisa sukses. Satu diantaranya adalah larangan makanan. Nah, buat kamu yang menjalani program hamil, yuk baca makanan apa yang perlu dihindari berikut ini!

Makanan Tinggi Lemak Trans

Gorengan, makanan cepat saji, dan makanan kemasan pasti begitu nikmat. Tetapi sayangnya, beberapa makanan ini tidak bagus untuk kesehatan apa lagi untuk kamu yang sedang program hamil. Bila dimakan terlalu berlebih, makanan yang tinggi lemak trans bisa mengganggu sistem hormonal tubuh. Sebuah studi menyebutkan bahwa keberadaan lemak trans di tubuh bisa kurangi kualitas sperma dan menyulitkan terjadinya pembuahan.

Makanan Mentah atau Setengah Matang

Makanan yang mentah atau setengah matang satu diantara asupan yang perlu dijauhi oleh wanita yang menjalani program hamil. Hal ini karena makanan mentah cenderung tidak bersih dan rawan mengandung bakteri seperti salmonella, coliform, dan toxoplasma. Beberapa bakteri ini bukanlah hanya berpotensi menginfeksi usus saja. Tetapi juga bisa membahayakan janin. Oleh karena itu, kamu harus membatasi untuk konsumsi makanan ini supaya programmu tidak gagal.

Seafood Tinggi Merkuri

Ikan, cumi-cumi, udang, dan makanan seafood yang lain memang baik dan sehat. Tetapi, produk laut yang tinggi merkuri justru kebalikannya. Bila makanan seafood yang tinggi merkuri dimakan terus-terusan, maka beresiko untuk kesehatan terhitung kesuburan . Maka seharusnya buat kamu yang program hamil, awasi konsumsi ikan tertentu seperti salmon, ikan cod atau udang ya.

Kafein

Selain makanan, ada pula nih minuman yang perlu kamu hindari saat program hamil. Salah satunya adalah kafein . Maka batasilah konsumsi kopi atau sumber kafein yang lain. Karena, minuman mengandung kafein bisa menyebabkan infertilitas, termasuk menurunkan kualitas sperma dan mengganggu proses pembuahan pada indung telur. Bila kamu berasa ingin sekali minum kopi, cukup secangkir sehari saja ya.

Soda

Minuman lainnya yang perlu kamu hindari adalah soda. Tidak cuma kurang nutrisi, minuman bersoda tinggi fruktosa, sejumlah bahan pengawet, dan perasa sintetis untuk menambahkan rasa. Apabila dikonsumsi terlalu berlebih, kandungan-kandungan ini juga bisa mempengaruhi peluang kehamilan. Maka dari itu lebih bagus kamu menghindarinya saat program hamil.