5 Makanan Sederhana Ini, Bantu Kamu Kurangi Inflamasi dan Jaga Imunitas Tubuh

  • 2 min read
  • Jul 18, 2021

Jabanjia.com – Pandemi terus berkepanjangan, karena munculnya Covid-19 varian Delta yang penyebarannya lebih cepat. Kita semakin diharuskan mengutamakan kesehatan ya, Sahabat Jabanjia.

Menerapkan pola hidup sehat adalah cara yang tepat. Supaya tidak terpapar menjaga kesehatan saja tidak cukup, kurangi inflamasi juga sangat diperlukan. Inflamasi sendiri sebenarnya merupakan suatu respon kekebalan tubuh, namun bila inflamasi tidak terkendali atau terjadi terus-terusan akan beresiko untuk kesehatan. Fatalnya, bisa membuat pembuluh darah pada tubuh rusak.

Cara awal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi inflamasi adalah konsumsi makanan yang punya peran keduanya.

Makanan yang Mengurangi Inflamasi dan Jaga Imunitas

Banyak makanan yang bisa mengurangi inflamasi dan jaga imunitas tubuh baik sayur dan buah-buahan.

1. Buah Citrus

Buah citrus memiliki kandungan vitamin C tinggi, buah citrus beragam terdiri dari, jeruk, jeruk nipis, lemon, dan grapefruit. Karena alami buah citrus dapat kita konsumsi setiap hari bahkan juga dalam jangka waktu yang panjang. Disamping itu ada kandungan vitamin A dan metabolit, mulai dari flavanoid sampai limonoid yang berperanan melawan infeksi pada tubuh.

Kita bisa konsumsi buah citrus ini dengan mengolahnya sebagai minuman, seperti smoothies dan minuman herbal. Buah citrus juga dapat kita jadikan campuran salad yang fresh.

2. Apel

Apel memiliki kandungan serat tinggi yang bisa memperlancar pencernaan. Tidak hanya itu apel sanggup mendorong mikrobioma saat mengatasi infeksi dan melawan penyakit kronis seperti kanker dan jantung.

3. Sayuran Hijau

Termasuk super food yang memiliki kandungan banyak vitamin, mulai dari vitamin A, C, dan E mampu tingkatkan imunitas tubuh apa lagi bila dimakan secara teratur di tengah pandemi ini. Kandungan beta karoten dalam sayur hijau mampu tingkatkan sistem imunitas, dan kurangi inflamasi yang bisa menjaga kita dari beragam penyakit. Kita bisa mengolah sayur hijau dengan membuat sayur bening, lalapan, dan salad.

4. Paprika Merah

Kandungan vitamin C pada paprika merah sangat tinggi sehingga berperan sebagai antioksidan yang dapat tingkatkan kekebalan. Paprika merah pun bersifat antiinflamasi sehingga sanggup mengatasi peradangan.

5. Jamur

Jamur mempunyai kandungan mineral yang sangat tinggi, mulai dari vitamin B, zinc, dan selenium. Kandungan tersebut yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ditambah lagi di masa pandemi ini, vitamin yang ada pada jamur benar-benar dibutuhkan tubuh kita. Jamur memproduksi antivirus dan protein yang bisa melindungi dan memperbaiki jaringan sel dalam tubuh kita.

Nach Sahabat Jabanjia, daripada kita kebanyakan konsumsi suplemen sebaiknya konsumsi sayur dan buah-buahan yang bisa tingkatkan imunitas dan antiinflamasi seperti makanan di atas. So, jaga terus kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan ya, Sahabat Jabanjia!