5 Kesalahan Ketika Melakukan Perawatan Rambut

  • 2 min read
  • Jul 09, 2021

Jabanjia.com – Rambut adalah salah satu asset bernilai, entah buat pria, wanita, tua atau muda, semua relatif akan menjaga kesehatan rambut supaya tidak rusak.

Lalu, di antara kamu, tentu banyak yang melakukan usaha untuk mempercantik rambut, contohnya dengan styling atau coloring. Tetapi bukannya jadi lebih cantik, mungkin banyak yang berakhir dengan rambut kering, kusut atau bercabang.

Sahabat Jabanjia, sebetulnya kondisi rambut yang hancur itu tidak terus-terusan karena styling atau coloring. Kerusakan rambut bisa juga dipacu karena kesalahan penggunaan haircare atau produk perawatan rambut. Apa saja ?

Memakai Hairmask Saat Keadaan Rambut Kering

 

Penggunaan hairmask pada saat rambut kering sebenarnya hal yang kurang tepat. Penggunaan hairmask pada kondisi ini akan menghambat penyerapan gizi, karena kondisi rambut yang kotor atau berminyak.

Sebaliknya, gunakanlah hairmask setelah kamu tuntas keramas. Ini mempunyai tujuan supaya penyerapan nutrisi yang terkandung pada hairmask terserap dengan sempurna.

Pemakaian Shampo Dua Kali

Apa kamu menganggap memakai sampo dua kali saat keramas, untuk pastikan betul-betul bersih? Ini ternyata hanya mitos semata. Karena kamu cukup gunakan sampo sekali saja, Sahabat Jabanjia. Termasuk tidak untuk menggosok helaian rambut terlalu keras saat keramas, ini bisa merusak helai rambut. Kebalikannya, beri pijatan lembut saja.

Menggunakan Conditioner Dari Kulit Kepala

Ini hal yang salah ya, Sahabat Jabanjia! Penggunaan conditioner di kulit kepala memanglah bukan hal yang berbahaya. Tetapi karena kandungan conditioner yang diformulasikan untuk melembapkan batang rambut, maka bila diaplikasikan di kulit kepala justru akan membuatnya memproduksi semakin banyak minyak alami dan membuat rambut gampang lepek.

Karena itu, cukup pakai dari batang sampai ujung rambut saja.

Langsung Mencuci Hairmask Sebentar Setelah Menggunakan

Berbeda dengan conditioner, penggunaan hair mask membutuhkan waktu kurang lebih 10-15 menit sesudah penggunaan supaya nutrisi yang terkandung bisa diserap oleh rambut . Jadi, pastikan kamu luangkan waktu karena itu.

Penggunaan Hair Tonic yang Asal-Asalan

Sahabat Jabanjia, adakah di antara kamu yang memakai hair tonic dengan cara menyemprotkannya di sejumlah batang rambut atau dari semua arah seperti hair spray? Penggunaan hair tonic seperti ini salah.

Pasalnya kamu perlu menyemprot di kulit kepala supaya nutrisinya bisa lebih cepat teresap oleh akar rambut. Saat mengaplikasi hair tonic ini, kamu juga bisa melakukannya dengan memijat kulit kepala.

Sahabat Jabanjia, itu beberapa kesalahan saat memakai produk perawatan rambut. Beberapa hal lain yang perlu kamu cermati , pastikan pakai produk yang sesuai kondisi rambut, ya.