5 Dampak Buruk Jika Anda Berhenti Memakai Skincare

  • 2 min read
  • May 02, 2021

Jabanjia.com – Memakai skincare adalah ritual yang wajib dilakukan bagi perempuan maupun laki-laki. Namun masih banyak yang menyepelekan pemakaian skincare, alasannya pun bermacam-macam.

Sebetulnya, memakai skincare atau tidak adalah pilihan bagi setiap orang. Akan tetapi, bukan Anda bisa meninggalkan atau tidak memakai skincare sama sekali. Jika Anda berhenti menggunakan skincare, Hal ini bisa menyebabkan munculnya masalah kulit. Berikut beberapa yang harus Anda perhatikan, apabila Anda berhenti mengginakan skincare.

Memicu dan Memperparah Tumbunya Jerawat

Membiarkan kulit tanpa skincare seperti pelembab dan pembersih wajah, ternyata bisa menimbulkan jerawat pada wajah, hal ini akan lebih parah jika Anda tidak merawat dengan benar.

Jika Anda adalah sesorang yang memiliki jenis kulit yang berminyak dan khawatir apabila Anda menggunakan pelembab yang bisa membuat kulit semakin berminyak, cobalah untuk memilih pelembab yang memiliki tekstur cair atau yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Hal ini juga berlaku, bagi Anda yang memiliki kulit jerawat, alangkah baiknya memakai pelembab yang punya kandungan bebas pewangi, non comedogenic, dan bebas minyak.

Kotoran di Kulit Semakin Menumpuk

Sala satu dasar untuk memiliki kulit sehat adalah rajin membersihkannya, sehingga produk pembersih bisa jadi salah satu produk yang dasar yang harus Anda gunakan.

Pembersih wajah bermanfaat untuk menghapus riasan, keringat, polutan, kotoran, mikroba, hingga kotoran kulit mati. Tanpa pemebrsih wajah, kotoran kulit akan semakin menumpuk yang bisa menyebabkan tekstur di wajah. Penumpukan kotoran ini bisa menghambat pori-pori dan mengakbatkan iritasi, kulit kering, serta tumbu jerawat.

Tidak Membersihkan Wajah, Efektivitas Skincare yang Digunakan Tidak Maksimal

Selain membersihkan wajah menggunakan sabun muka. Anda juga harus melakukan eksfoliasi khusus untuk kulit wajah Anda. Jika Anda sudah melakukan kedua tahapan tersebut, maka seluruh perawatan kulit Anda tidak bekerja dengan efektif.

Berbagai produk skincare seperti esens, serum, toner, bahkan pelembab, itu semua tidak bisa menembus lapisan kulit akibat terhalang oleh kotoran yang menumpuk. Kotoran tersebut berasal dari Cara Anda yang salah dalam membersihkan wajah sehingga menjadi tahap yang sangat kursial, dan tidak boleh dilewatkan.

Tanda-Tanda Penuaan Semakin Cepat

Jika Anda meremehkan pemakaian pelembap, dan sunscreen, maka Anda harus berati-hati adanya kerutan yang lebih dalam di kemudian hari.

Hal ini disebabkan oleh barrier kulit terganggu, kulit yang kering akan menjadi pemicu terjadinya peradangan kulit. Peradangan ini yang menyebabkan kerusakan kolagen yang bisa memicu penuaan dini. Selain itu, jika sekarang kulit Anda sudah timbul garis halus, maka melewatkan pelembap bisa memperparah tanda-tanda ini.

Wajah Menjadi Sulit Ketika Dirias

Kesehatan dan keindahan kulit sangat berpengaruh teradap penampilan makeup. Jika kulit belum pernah dirawat, bahkan tidak menggunakan skincare sebelum dirias, maka penampilan rias Anda tidak akan terlihat sempurna.

Makeup yang Anda gunakan bisa jadi menimbulkan garis-garis halus, riasan yang tidak menempel, tidak tahan lama, dan sulit diratakan di kulit Anda. Sebaiknya, gunakan pelembap lima menit sebelum menggunakan primer atau foundation untuh hasil maksimal pada riasan Anda

Gimana ladies. Ternyata skincare punya fungsi untuk kesehatan kulit bukan? Jadi, jangan malas-malas untuk merawat kulit!