5 Cara Atasi Kulit Berminyak dan Kusam, Agar Tampil Glowing dan Flawless

  • 2 min read
  • Jul 18, 2021

Jabanjia.com – Kulit kusam adalah kondisi saat kulit muka kelihatan tidak glowing, kusam, dan cenderung gelap. Kulit kusam bisa dirasakan oleh berbagai jenis kulit, baik kulit berminyak atau kulit kering. Kulit kusam dan berminyak bisanya ditandai dengan pori-pori terlihat besar dan warna dan cahaya kulit jadi gelap.

Ada beragam pemicu yang membuat wajah kusam dan berminyak. Salah satunya adalah hormon, bertambahnya umur, stres, kulit mati yang menumpuk, dan tidak konsisten memakai skincare. Berikut Jabanjia sudah meringkas cara mengatasi kulit kusam dan berminyak:

Rutin Eksfoliasi

Salah satu penyebab wajah kusam adalah tumpukan sel-sel kulit mati yang terlalu banyak. Akhirnya, proses regenerasi sel-sel kulit terhalang, hal ini mengakibatkan wajah kelihatan kusam dan tidak glowing. Salah satu cara ampuh untuk menangani ini dengan teratur lakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi untuk kulit berminyak perlu memilih kandungan BHA (Beta Hydroxi Acids). Kandungan itu dapat hilangkan sel-sel kulit mati pada pori-pori. Disamping itu, kandungan ini efektif untuk bersihkan sumbatan minyak dan komedo hitam dan komedo putih.

Pilih Pelembap yang Cocok

Salah satu hal yang sering disalahartikan adalah mengira jika kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Padahal justru kulit berminyak perlu dirawat dengan penggunaan pelembap yang akurat. Karena pelembap yang cocok bisa mengontrol minyak di wajah supaya tidak berlebihan.

Untuk kulit berminyak, kamu perlu pilih kandungan pelembab yang oil free. Ada banyak kandungan yang disarankan juga, seperti Hyaluronic Acid, Centella, Niacinamide, dan Salicylic acid. Usahakan tidak pilih produk pelembap yang non-comedogenic ya Sahabat Jabanjia!

Produk Skincare Pencerah Kulit

Wajah kusam sering diikuti dengan warna kulit yang cenderung gelap. Tetapi tidak berarti hanya khusus untuk pemilik warna kulit gelap saja ya. Umumnya kulit kusam ini ditunjukkan dengan kulit yang tidak glowing dan kelihatan kusam.

Untuk menanganinya, kamu perlu memakai produk yang mengandung pencerah dan antioksidan buat menutrisi kulit. Kandungan pencerah terdiri dari vitamin C, Alpha Arbutin, dan Niacinamide. Misalnya adalah Elsheskin vitamin C serum, Somethinc Niacinamide Moisture Beet Serum, dan The Ordinary Alpha Arbutin, dan yang lain.

Melindungi Kulit

Pelindungan kulit adalah tahap perawatan yang tidak boleh dilewati oleh semua jenis kulit. Perlindungan kulit berperanan untuk menghindari beragam masalah kulit dan menangani masalah kulit yang sekarang ini terjadi.

Untuk kulit berminyak seharusnya pilih jenis sunscreen dengan tekstur gel atau watery. Karena produk ini cenderung lebih enteng dan tidak buat kulit terlihat makin oily. Jangan lupa untuk aplikasikan ulang tiap 3-4 jam sekali untuk memberikan pelindungan yang makin kuat.

Mengubah Pola Hidup

Terakhir, langkah yang paling mendasar untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak adalah mengganti pola hidup. Usahakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, jaga pola makan dengan perbanyak sayur dan buah, dan minum air putih.

Itu 5 tips untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak supaya kulit kembali sehat, lembap dan glowing. Selamat mencoba, Sahabat Jabanjia!