Seputar Kampus

Univet Bantara Sukoharjo Terapkan Penghargaan Kepada Mahasiswa yang Aktif

Sukoharjo, 11 Juni 2016 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengadakan kegiatan sosialisasi penghargaan kepada mahasiswa yang aktif mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo kepada seluruh dekan, kaprodi, dan kepala unit-unit bagian. Pedoman ini digunakan sebagai kerangka acuan poin keaktifan mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dalam kampus atau di luar kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo maupun di lembaga lain yang terkait, dari tingkat lokal, nasional, sampai dengan internasional, kecuali lembaga yang berafiliasi pada partai politik. Pedoman ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi aktivis kampus yang handal baik dari segi ilmu maupun keterampilan dalam rangka pembangunan karakter untuk mencapai daya saing yang tangguh dalam menghadapi era globalisasi.

SK Rektor Nomor : 264/A/D.4/Univet.Btr/V/2016 dibuat berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Bidang Kemahasiswaan Tingkat Universitas, Fakultas dan Perwakilan BEM dan Tim Perumus pada tanggal 15 Desember 2015 – 11 Mei 2016. Berdasarkan SK tersebut, setiap kegiatan yang dilakukan mahasiswa nantinya akan dihargai dengan satuan angka kredit yang disesuaikan dengan bidang kegiatan, tingkat, dan bobot kegiatan yang dilakukan.

Adapun maksud dan tujuan utama dari SK Dekan tentang Pedoman Penilaian Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah untuk :

  1. Meningkatkan peran mahasiswa sebagai bagian dari pencapaian visi, misi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  2. Meningkatkan motivasi mahasiswa untuk aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan
  3. Meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mau terlibat menjadi pengurus lembaga-lembaga kemahasiswaan
  4. Meningkatkan jiwa kepemimpinan dan kepribadian serta rasa cinta pada almamater melalui pembangunan karakter
  5. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan
  6. Mempertinggi budi pekerti, dan kesadaran akan tanggung jawab sosialnya
  7. Membangun jiwa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama mahasiswa dan masyarakat umumnya
  8. Membangun kesadaran terhadap lingkungan sosial, budaya, dan alam
  9. Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air yang dijiwai semangat kejuangan dan kesadaran sosial yang tinggi.

Manfaat Kredit poin keaktifan mahasiswa (KKM) ini bermanfaat bagi lembaga dan mahasiswa yaitu dapat digunakan sebagai syarat mengikuti yudisium wisudawan/ti, setiap prosesi wisuda akan dipilih seorang mahasiswa dengan jumlah perolehan poin tertinggi untuk mendapatkan penghargaan. Berdasarkan poin tertinggi yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dan pada setiap periode wisuda, tim evaluasi yang dipimpin oleh Wakil/Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan dengan anggota Kasubag Kemahasiswaan dan para Pimpinan prodi akan menentukan seorang wisudawan untuk diberikan predikat WISUDAWAN TERBAIK NONAKADEMIK dalam bentuk Piagam Penghargaan. Penghargaan ini ditetapkan dengan SK Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan akan disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo pada saat wisuda.

Adapun ketentuan bagi mahasiswa angkatan sebelum tahun ajaran 2016/2017, maka pelayanan penerbitan SKKM hanya bagi lulusan atau calon lulusan yang memenuhi poin minimal sebagai berikut:

  1. Bagi Mahasiswa Angkatan 2016/2017, total poin minimal = 50 poin
  2. Bagi Mahasiswa Angkatan 2015/2016, total poin minimal = 45 poin
  3. Bagi Mahasiswa Angkatan 2014/2015, total poin minimal = 40 poin
  4. Bagi Mahasiswa Angkatan 2013/2014, total poin minimal = 35 poin
  5. Bagi Mahasiswa Angkatan 2012/2013 dan sebelumnya, total poin minimal = 30 poin.

Mahasiswa yang sudah mendapatkan nilai sekurang-kurangnya 50 poin berhak mendapatkan SKKM dari Pimpinan Fakultas. Adapun ruang lingkup Kegiatan Ekstra Kurikuler yang dihargai oleh fakultas meliputi segala aktivitas mahasiswa yang dilakukan dalam bidang penalaran, minat bakat, dan pengabdian kepada masyarakat dalam lembaga kemahasiswaan yang ada pada tingkat fakultas, universitas maupun di luar universitas.

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close